Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock )

Benarkah Meminum Susu Akan Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

16 Januari 2021 17:32 WIB

SonoraBangka.Id - Minum susu dipercaya membantu memperkuat tulang. Pasalnya, susu merupakan sumber kalsium terkonsentrsi yang memang berfungsi memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

Akan tetapi, terlalu banyak minum susu ternyata justru memperburuk kesehatan tulang kita. Menurut peneliti dan ahli diet Gail Cresci, minum susu memang baik untuk kesehatan tulang tetapi terlalu banyak meminumnya juga bisa berdampak buruk.

Hal ini juga dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan di Swedia. Riset tersebut membuktikan mium susu lebih dari tiga gelas sehari bisa meningkatkan risiko kematian dan patah tulang.

Riset tersebut juga membuktikan wanita yang meminum tiga gelas susu atau lebih setiap hari berisiko lebih tinggi mengalami kematian daripada wanita yang minum kurang dari satu gelas susu setiap hari.

Akan tetapi, peneliti tidak melihat efek yang sama di kalangan pria, tetapi mereka yang minum tiga gelas susu atau lebih setiap hari masih menunjukkan peningkatan angka kematian yang signifikan.

Studi terpisah juga melaporkan bahwa konsumsi susu dan produk susu yang lebih tinggi tidak serta merta menurunkan risiko osteoporosis dan patah tulang.

Menurut peneliti susu memang makanan yang kaya kalsium. Namun, ada zat lain dalam susu yang tidak bisa dikonsumsi berlebihan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm