Sudah dilengkapi dengan wiper belakang. (TAM)
Sudah dilengkapi dengan wiper belakang. (TAM) ( kompas.com)

Kenapa Hanya Sedikit Mobil Sedan Pakai Wiper Belakang?

16 Januari 2021 19:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Sekarang ini, beberapa mobil juga menyertakan wiper belakang sebagai fitur standar. Bahkan mobil sekelas LCGC pun memilikinya. Tapi bila diperhatikan, hanya sedikit mobil sedan yang memakai wiper belakang, mengapa begitu?

Didi Ahadi dari Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor sedanmengatakan, wiper belakang memang biasanya terpasang di mobil hatchback, SUV, maupun MPV. Hal ini dikarenakan bentuk bodi bagian belakangnya.

“Hal ini dikarenakan turbulensi kotoran dari ban bisa mengotori kaca, oleh karena itu, perlu ditambah wiper belakang,” ucap Didi kepada Kompas.com, Jumat (15/1/2021).

Berbeda ceritanya kalau di mobil sedan. Dikatakan Didi, bagian belakang mobil sedan ada bagasinya. Jadi kaca belakang posisinya jauh dari bagasi, kotoran dari turbulensi maupun cipratan ban tidak akan sampai ke kaca.

Oleh karena itu, sering terlihat juga kalau mobil dengan bagian belakang yang rata, setelah menempuh perjalanan yang jauh, bagian belakangnya akan tertutupi debu. Sedangkan mobil sedan, kaca belakangnya tetap bersih.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Mobil Sedan Jarang Pakai Wiper Belakang?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/15/192200215/kenapa-mobil-sedan-jarang-pakai-wiper-belakang-.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm