Ilustrasi garam himalaya.
Ilustrasi garam himalaya. ( PIXABAY/ JANICEWEIRGERMIA)

Berikut Ini 4 Cara Menggunakan Garam Himalaya Pada Masakan

17 Januari 2021 07:29 WIB

SonoraBangka.id - Sama seperti garam dapur lainnya, garam himalaya juga dapat digunakan untuk memasak. Namun tak sedikit pula yang menggunakan garam himalaya untuk aktivitas lainnya. Garam Himalaya merupakan garam berwarna merah muda yang diekstrak dari tambang dekat pengunungan Himalaya di Pakistan. Mengutip dari laman Spiceogprahy, berikut cara menggunakan garam himalaya untuk masakan.

1. Membumbui masakan

Garam himalaya dapat dimanfaatkan untuk membumbui tumisan, rebusan, maupun makanan yang dipanggang. Secara umum, kamu dapat menggunakan garam himalaya seperti halnya menggunakan garam dapur biasa, yakni dengan cara ditaburkan ke dalam masakan. Untuk takarannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Tambahkan garam himalaya pada menit terakhir

Garam himalaya dapat membuat masakan lebih cantik warnanya. Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut ada trik yang harus dipraktikkan, yakni menambahkan garam himalaya di menit terakhir sebelum masakan matang.

3. Gunakan garam himalaya berbentuk blok

Untuk memasak dan menyajikan hidangan seperti steak, sayuran, dan makanan laut, disarankan menggunakan garam himalaya blok. Dengan menggunakan garam himalaya blok masakan akan terlihat lebih cantik tampilannya. Selain itu garam himalaya blok juga dapat menahan panas, sehingga bisa dimanfaatkan untuk memanggang steak.

4. Takaran garam Himalaya

Mengenai takaran pakainya sebetulnya garam himalaya tidak beda jauh dengan garam biasa. Termasuk jika ingin menggunakan garam himalaya untuk diet. Mengutip laman Medical News Today, direkomendasikan mengonsumsi garam tidak lebih dari 2.300 mg. natrium per hari atau sekitar 1 sendok teh (6 gram) yang ditumbuk halus. Oleh karenanya, periksalah tabel garam himalaya sebelum menggunakannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Gunakan Garam Himalaya untuk Masakan, Taburkan pada Menit Akhir", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/16/213100275/cara-gunakan-garam-himalaya-untuk-masakan-taburkan-pada-menit-akhir?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm