lustrasi beras basmati yang sudah dimasak. Beras basmati identik dengan hidangan khas Timur Tengah
lustrasi beras basmati yang sudah dimasak. Beras basmati identik dengan hidangan khas Timur Tengah ( Shutterstock/mahakaal)

Berikut Tiga Cara Tepat Memilih Beras Basmati Berkualitas Baik

17 Januari 2021 13:01 WIB

SonoraBangka.id - Seperti namanya, beras basmati memiliki harum yang alami setelah dimasak. Basmati berasal dari Bahasa Hindi yang berarti wangi. Keistimewaan beras basmati lainnya adalah memiliki tekstur yang padat dan empuk setelah dimasak. Berikut tiga cara pilih beras basmati berkualitas baik dilansir dari Bonappetit.

1. Pilih kemasan beras basmati dengan label “extra-long grain”

Sesuai dengan namanya, beras jenis ini memiliki ciri-ciri butiran beras yang lebih panjang dan ramping. Dilansir dari The Kitchn, long grain merupakan salah satu jenis beras yang diklasifikasikan berdasarkan panjang butiran beras. Salah satu beras berbiji panjang adalah beras basmati. Label extra-long grain pada kemasan untuk memastikan bahwa beras basmati di dalamnya memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan beras lainnya. Selain itu, label tersebut juga untuk menunjukkan kualitas beras basmati yang keras. Namun, beras tetap lembut dan butirannya terpisah ketika dimasak.

2. Pilih bentuk beras basmati yang panjang dan meruncing

Pilih biji beras basmati yang agak merucing di setiap ujungnya. Semakin panjang butiran beras basmati berarti kualitasnya semakin baik.

3. Pilih beras basmati dengan corak keemasan

Beras basmati yang memiliki kualitas baik dapat dilihat dari warnanya. Pilihlah beras basmati dengan warna corak keemasan. Warna beras yang agak kekuningan ini menandakan bahwa nutrisi beras tidak banyak hilang, sehingga kandunganya maksimal untuk kesehatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Pilih Beras Basmati Kualitas Bagus", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/15/100900475/3-cara-pilih-beras-basmati-kualitas-bagus.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm