Ilustrasi wedang susu jahe.
Ilustrasi wedang susu jahe. ( PEXELS / CHARLOTTE MAY)

Cocok Diminum Saat Hujan, Berikut Cara Mmebuat Wedang Jahe Susu Rempah

17 Januari 2021 13:07 WIB

SonoraBangka.id - Wedang jahe atau bahasa kerennya minuman ini ialah hot ginger milk atau susu jahe. Wedang jahe rempah susu sangat cocok dinikmati saat cuaca sedang hujan dan dingin. Supaya rasa rempahnya makin kaya dapat ditambahkan dengan kayu manis atau sedikit air rebusan daun pandan. Resep dari All Recipes berikut bisa dijadikan referensi untuk membuatnya. Cukup untuk membuat dua gelas wedang jahe rempah susu.

Resep wedang jahe rempah susu

Bahan

  • 200 gram jahe (bisa diganti jahe bubuk)
  • 250 ml susu cair plain atau tanpa rasa
  • 1 sdm gula aren bubuk (bisa diganti gula merah sisir)
  • 1/2 sdt bubuk kayu manis
  • 2 lembar daun pandan (opsional)
  • 2 batang serai (opsional)

Cara membuat wedang jahe rempah susu

  1. Bakar jahe kurang lebih selama 2 menit. Bersihkan kulitnya kemudian rebus dalam air mendidih. Masukkan daun pandan dan serai, rebus selama 5 menit dengan api sedang. Masukkan gula aren bubuk dan bubuk kayu manis, aduk sebentar. Saring airnya dan sisihkan.
  2. Panaskan susu sambil terus diaduk hingga meletup-meletup. Campurkan suhu dengan air rebusan jahe, aduk merata. Wedang jahe rempah susu siap dinikmati.
  3. Jika menggunakan jahe bubuk, cukup panaskan susu kemudian masukkan jahe bubuk, bubuk kayu manis, gula aren, daun pandan, dan daun serai. Masak hingga susu mendidih kemudian saring. Nikmati selagi hangat.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Wedang Jahe Rempah Susu, Minuman Hangat Saat Hujan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/14/170500075/resep-wedang-jahe-rempah-susu-minuman-hangat-saat-hujan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm