Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock)

Bahaya "Fenomena Fajar" Untuk Pasien Diabetes Dan Cara Mengatasinya

17 Januari 2021 21:46 WIB

SonoraBangka.Id - Saat pagi menjelang, tubuh Anda bersiap untuk bangun dan melepaskan lonjakan hormon.

Hormon-hormon tersebut dapat bekerja melawan insulin sehingga menyebabkan gula darah Anda sedikit naik.

Kondisi ini dikenal sebagai ' fenomena fajar'. Fenomena fajar memang bukan hal berbahaya bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan prima, Pasalnya, tubuh Anda menghasilkan sedikit insulin untuk mengatasi masalah tersebut.

Akan tetapi, kondisi ini bisa menjadi masalah besar bagi penderita diabetes.

Mengapa hal itu terjadi?

Bagi penderita diabetes, fenomena fajar bermasalah karena tubuh Anda tidak mampu secara alami mengoreksi perubahan insulin pada malam hari.

Hal ini sering membuat kadar glukosa darah tinggi secara konsisten di pagi hari. Menurut ahli endokrinologi Sana Hasan, sekitar 50 persen penderita diabetes tipe 2 mengalami masalah dengan fenomena fajar.

Fenomena fajar biasanya dialami antara pukul 02.00 dini hari hingga 08.00 pagi.

Apa penyebab fenomena fajar?

Menurut data Mayo Clinic, beberapa peneliti percaya pelepasan hormon kontra-regulasi di malam hari seperti hormon pertumbuhan, kortisol, glukagon dan epinefrin.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm