Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock)

Beberapa Hal Cara Mencegah Gejala PMS, Para Wanita Wajib Tahu

18 Januari 2021 13:00 WIB

SonoraBangka.Id - Hadirnya tamu bulanan biasanya kerap diwarnai oleh perubahan suasana hati, perut kembung, atau tubuh yang terasa pegal-pegal.

Kondisi semacam itu dikenal dengan istilah sindrom pamenstruasi ( PMS). Mengalami PMS tentu membuat wanita tidak bisa beraktivitas maksimal.

Menurut spesialis obgyn Linda Bradley, gejala PMS memang bisa dicegah dengan olahraga dan menjaga pola makan sehat.

"Berolahraga dan makan bergizi bisa megontrol kembung, depresi, , dan perubahan suasana hati yang akibat PMS," ucap Bradley.

Karena itu, Bradley merekomendasikan untuk melakukan setidaknya 150 menit olahraga sedang per minggu atau 75 menit aktivitas aerobik intens per minggu.

Untuk menerapkan pola makan sehat, Bradley menyarankan kita untuk melakukan tips berikut:

  1. Kurangi konsumsi makanan asin

Hindari makanan cepat saji atau olahan karena mengandung garam dan gula yang tinggi. Sebagai gantinya, cobalah untuk memasak sendiri makanan yang Anda konsumsi agar bisa mengontrol bahan yang digunakan.

Mengurangi konsumsi garam sangat membantu untuk mengurangi gejala kembung dan nyeri payudara.

  1. Konsumsi bermacam-macam buah dan sayur

Perbanyak konsumsi sayuran hijau, seperti kangkung atau lobak hijau.

Sayuran hijau kaya akan zat besi dan vitamin B yang membantu menangkal kelelahan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm