Syekh Ali Jaber, 1976-2021
Syekh Ali Jaber, 1976-2021 ( KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo)

Mendiang Syekh Ali Jaber Sempat Angkat Anak , Akbar si Bocah Pemulung yang Viral

18 Januari 2021 15:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Mendiang pendakwah yang banyak menjadi panutan banyak orang, Syekh Ali Jaber ternyata sempat menjadikan bocah pemulung bernama Akbar sebagai anak angkatnya.

Dalam kanal YouTube deHakims, rekaman suara Syekh Ali Jaber diputar mengenai keinginannya untuk mengangkat Akbar sebagai anak.

Sebelumnya, foto Akbar yang sedang meneduh di pinggir jalan sambil membaca Al Quran beredar di media sosial.


"Pertama saya berkeinginan kalau Akbar terima permohonan saya jadikan ananda Akbar itu anak angkat saya," ucap Syekh Ali Jaber dalam rekaman suara yang diputar di kanal YouTube deHakims, Senin (18/1/2021).

Setelah dijadikan Akbar sebagai anak angkat, mendiang mengutarakan keinginan selanjutnya.

"Saya ingin menjadi guru langsung untuk ananda Akbar, saya akan pimpin kamu sampai insya Allah hafal 30 juz Al-Quran," ucap Syekh Ali Jaber.


Lebih lanjut, Syekh Ali Jaber juga berupaya semaksimal mungkin untuk menjadikan Akbar imam besar bagi umat Islam di Tanah Air.

Tidak hanya itu, Syekh Ali Jaber sebelumnya berniat untuk memberangkatkan Akbar pergi umrah bersamanya. beberapa guru, imam-imam besar masjidil haram dan masjidil nabawi, mereka ikut terharu.

"Makanya saya ingin ajak di bulan Desember, insya Allah ajak saya umrah," ujarnya.
Sebagai informasi, di balik fotonya yang viral, rupanya Akbar tengah mencari ibundanya dengan berjalan kaki dari Kampung Sodong, Garut sampai Bandung, Jawa Barat. 


Dalam pencariannya, Akbar mengaku tidak mengetahui paras ibunya dan hanya berbekal nama, yakni Siti Sumiati.

Adapun Syekh Ali Jaber meninggal dunia pada Kamis (14/1/2021) sekitar pukul 08.30 WIB di Rumah Sakit Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.


Pihak rumah sakit tak menjelaskan sakit yang diderita Syekh Ali Jaber. Namun, Syekh Ali sebelumnya sudah dinyatakan negatif Covid-19.

Setelah itu, jenazah Ali Jaber dimakamkan di Pesantren Tahfidz Da’arul Quran, Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, Kamis (14/1/2021) sore. Pemakaman itu dihadiri oleh Irfan Hakim, Ustaz Yusuf Mansur, dan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sebelum Meninggal, Syekh Ali Jaber Sempat Angkat Anak Akbar si Bocah Pemulung yang Viral", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/01/18/150120966/sebelum-meninggal-syekh-ali-jaber-sempat-angkat-anak-akbar-si-bocah?page=2.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm