ilustrasi garam Himalaya
ilustrasi garam Himalaya ( Shutterstock)

4 Cara Yang Tepat Membedakan Garam Himalaya Yang asli Dan Palsu

18 Januari 2021 16:32 WIB

SonoraBangka.id - Baik untuk masakan maupun kesehatan, garam himalaya diyakini memiliki banyak manfaat,. Namun saat membelinya kamu perlu berhati-hati. Pasalnya di pasaran kerap ditemukan produk garam himalaya palsu. Jika diamati sekilas agak sulit membedakan garam himalaya asli dan garam himalaya palsu. Walau begitu tetap ada cara yang dapat digunakan untuk membuktikan keaslian garam himalaya.

1. Warna garam

Seperti dikutip dariVery Well Fit, garam himalaya asli berwarna merah muda terang karena memiliki kandungan mineral alami yang cukup banyak. Sementara garam himalaya palsu warnanya jauh lebih pucat atau tidak kemerahan. Berikut video dari channel Youtube WBM International yang menunjukkan perbedaan keduanya.

2. Bentuk dan ukuran garam himalaya

Garam himalaya justru berwujud kristal yang ukurannya agak lebih besar, berbeda dengan garam dapur lainnya. Jika dibandingkan dengan garam himalaya palsu, biasanya akan nampak perbedaan ukurannya. Namun kamu juga perlu berhati-hati sebab kini juga dijual produk garam himalaya asli yang lebih halus.

3. Rasa garam

Dibandingkan dengan garam himalaya palsu, rasa garam himalaya asli sedikit lebih asin. Hal ini disebabkan oleh kandungan natrium dalam garam himalaya yang sedikit lebih rendah daripada garam palsu atau garam dapur lainnya, melansir laman Medical News Today, Saat dicicipi garam himalaya asli juga tidak meninggalkan rasa pahit karena bebas dari zat aditif.

4. Cara menguji keaslian garam himalaya

Garam himalaya memiliki kandungan mineral alami dan air yang sedikit lebih tinggi. Jika diletakkan di lantai atau tempat lembap, garam himalaya akan lebih mudah mencair. Saat dipegang, garam himalaya asli juga sedikit lengket dan kesat. Bahkan ketika dilarutkan dalam air pun, garam himalaya akan tetap menyisakan butiran halus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Bedakan Garam Himalaya Asli dan Palsu", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/17/161700375/4-cara-bedakan-garam-himalaya-asli-dan-palsu.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm