Ilustrasi ikan cupang halfmoon.
Ilustrasi ikan cupang halfmoon. ( SHUTTERSTOCK/VILASACK SOUTHISANE)

Cupang Bisa Hidup Berdampingan Dengan 5 Jenis Ikan Ini. Apa Sajakah ?

19 Januari 2021 08:52 WIB

SonoraBangka.id - Karena merupakan bagian dari hewan teritorial alias memiliki kekuasaan atas suatu wilayah yang mereka tinggali, ikan cupang adalah salah satu ikan hias peliharaan yang memiliki sikap begitu agresif.

Sebagai contoh, ketika dua ekor cupang jantan dimasukkan ke dalam satu akuarium yang sama, hal itu bisa memicu pertarungan hingga berakibat kematian satu sama lain.

Selain itu, dua ikan cupang jantan yang diletakkan bersama pada satu akuarium juga bisa mengakibatkan stres sehingga ujung-ujungnya menyebabkan kematian pula.

Namun, meski ikan cupang jantan tidak bisa hidup berdampingan dengan cupang jantan yang lain, itu bukan berarti ikan cupang tidak bisa hidup berdampingan dengan ikan hias peliharaan lainnya di 1 akuarium.

Sebab, ada beberapa ikan yang dapat hidup berdampingan dengan cupang seperti di bawah ini, dilansir dari beberapa sumber, Selasa (22/12/2020).

1. Neon tetra 

Ikan neon tetra cenderung berada di sekitar area tengah akuarium, menjaga jarak dari cupang manapun agar sering akur.

Saat ingin menggabungkan neon tetra dengan cupang, gunakan akuarium besar atau panjang karena tetra adalah ikan berkelompok.

Ikan Neon Tetra

Dalam hal ini, kamu perlu memiliki minimal 6 ikan neon tetra di dalam akuarium.

Namun, sebaiknya kamu memiliki lebih banyak, yakni sekitar 10-12 dan itu sudah cukup.

Setelah akuariummu memiliki banyak ikan warna-warni, kamu akan melihat bahwa memelihara ikan cupang dengan ikan lain bukanlah masalah sama sekali.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm