Band Radiohead.
Band Radiohead. ( HAI Online)

Berisi Materi Langka, Demo Awal Radiohead Dilelang hingga Rp 38 Juta

20 Januari 2021 06:00 WIB

SonoraBangkaID - 

Sebuah kaset pita berisi demo lagu-lagu Radiohead dilelang ke publik. Melansir Consequence of Sound, demo awal dengan judul Gripe EP tersebut berisi enam lagu yang dibuat ‘On a Friday’—nama yang digunakan Thom York dkk sebelum berganti menjadi Radiohead—di rentang awal tahun bermusik mereka, yakni 1987-1988.   

EP Gripe bakal dilelang via Omega Auctions sebagai bagian dari gelaran online Punk and Indie Auction pada 26 Januari 2021. Diperkirakan, nilai demo tersebut mencapai £2.000 atau setara dengan Rp 38.464.868. 

Berikut tracklist yang mengisi EP Gripe sebagai demo awal Radiohead:

  • Promise Me
  • Body in a box
  • These are the Chains
  • Happy Song
  • To Be a Brilliant Light
  • Sinking Ship

Tiga lagu yakni Promise me, Body in a box dan These are the Chains yang belum pernah dirilis sebelumnya menjadikan kaset demo ini bernilai tinggi. 

Sang penjual, yang nggak mau disebut identitasnya mengatakan bahwa kaset tersebut ia dapatkan dari salah satu anggota Radiohead di tahun 90-an. 

Sementara itu menurut juru lelang Paul Fairweather, lagi-lagu pada demo tersebut memang terkesan masih mentah, tetapi menunjukkan sesuatu dari potensi luar biasa yang bakal disadari Radiohead dalam beberapa tahun ke depan.  

Nama On a Friday sendiri diambil dari hari latihan mereka, Jumat, setelah membentuk band di Abingdon School, tempat di mana Thom Yorke, Ed O’Brien, Phil Selway dan Colin Greenwood jadi teman sekelas. 

Nggak lama, adik Colin, Jonny Greenwood pun bergabung dengan mereka. Bukan sebagai gitaris lead seperti formasi saat ini, tetapi sebagai pemain harmonika. (*)

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm