Tortillas dari Meksiko.
Tortillas dari Meksiko. ( Shutterstock)

Viral Di TikTok Dan Unik, Berikut Ini Cara Membuat Tortilla Wrap

20 Januari 2021 12:03 WIB

SonoraBangka.id - Mengutip laman Washington Post, tortilla wrap adalah camilan yang dibungkus dengan roti tortila. Isiannya bisa bermacam-macam, dapat juga menggunakan makan asin maupun manis.  Tortila sendiri merupakan roti pipih yang terbuat dari jagung giling atau gandum. Umumnya, roti ini banyak dikonsumsi masyarakat Meksiko, Amerika Tengah, dan Kanada. Mungkin kamu pernah melihat cara membuat tortilla wrap muncul di timeline apabila kamu pengguna TikTok.

Membuat tortila sebetulnya terbilang mudah. Kita hanya perlu menumpuk atau menggulungnya saja. Namun, pada video TikTok yang baru-baru ini viral, cara menggulung tortilanya sedikit berbeda.  Dalam video yang beredar, tortilla wrap dibuat dengan memisahkan bahan-bahan pada tortila menjadi tiga atau empat bagian, kemudian ditumpuk atau dilipat.  Setelah ditumpuk, tortila yang sudah diisi akan dipanggang menggunakan pan. Beberapa orang mengatakan bahwa tortilla wrap mirip dengan sandiwch klub. Ada pula yang menyebutnya mirip dengan menu Cruncwrap Supreme dari Taco Bell. 

Selain menggunakan tortila ada juga yang membuatnya dengan nori atau rumput laut kering. Teknik lipatnya sama dengan membuat tortilla wrap pada umumnya.  Hanya saya jika menggunakan nori tidak perlu dipanggang lagi.  Pemilik akun TikTok Alexandra Johnsson turut membagikan resep tortilla wrap buatnya. Berikut cara membuat tortilla wrap yang tengah viral di TikTok. 

Resep tortilla wrap

Bahan

  • 1 lembar tortila
  • 2 lembar keju mozzarella
  • 1 iris bacon panggang atau smoked beef  Irisan daging avokad
  • Chicken katsu yang sudah digoreng 
  • Tomat Potongan bawang merah
  • Mayones 

Cara membuat tortilla wrap

  1. Taruh tortila di atas talenan kering. Potong tepat dibagian tenganya, tapi cukup 1/4 potongan saja. 
  2. Tata isian pada lembar tortila menjadi 4 bagian; lembar pertama berisi keju mozzarella, lembar kedua potongan alpukat dan bacon, lembar ketiga mayones dan chicken katsu, lembar keempat atau terakhir tomat dan bawang merah. 
  3. Lipat tortila: lipat dari bagian tortila yang dekat garis potongan, kemudian lipat kembali bagian lainnya mengikuti arah jarum jam. Jika sudah, panggang di atas grill pan atau teflon. 
  4. Sebagai catatan, untuk isian bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, boleh makanan asin ataupun manis. Begitu pula dengan tortilanya, bisa diganti menggunakan nori bahkan rice paper. 

    Artikel ini telah tayang di comdengan judul "Cara Membuat Tortilla Wrap ala TikTok yang Videonya Viral, Unik!", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/18/171858975/cara-membuat-tortilla-wrap-ala-tiktok-yang-videonya-viral-unik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm