Ilustrasi Pesepeda
Ilustrasi Pesepeda ( KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO )

Pelari dan Pesepeda Juga Harus Pakai Masker, Jika Covid-19 Tak Reda ?

20 Januari 2021 20:23 WIB

SonoraBangka.id - Sejak pertama kali penyebaran Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi tahun lalu, saat ini Inggris sudah memasuki masa lockdown ketiga .

Namun demikian, penghitungan dari penambahan kasus harian infeksi COvid-19 di negeri itu -termasuk angka kematian, tetap tergolong tinggi. 

Kesaksian itu salah satunya diungkapkan Chris Whitty, Kepala Satuan Petugas Medis Inggris belum lama ini. 

Whitty menyebut, harus ada lebih banyak upaya yang perlu dilakukan demi mengendalikan pandemi di Inggris.

Penggunaan masker -yang dipakai dengan benar sangat efektif dalam mengurangi transmisi- sudah menjadi hal wajib saat orang berada di tempat umum dalam ruangan di Inggris.

Bahkan, ada pembicaraan untuk menjadikan masker sebagai kewajiban pada beberapa pengaturan interaksi di luar ruangan, seperti yang sudah diberlakukan di Spanyol.

Tentang bahasan ini, Trish Greenhalgh, Professor of Primary Care Health Sciences, University of Oxford, Inggris memberi pandangannya.

Menurut Trish Greenhalgh, Inggris mungkin harus mengikuti kebijakan di Perancis, yang mengharuskan orang jogging atau bersepeda untuk memakai masker, jika tak dapat menjaga jarak fisik dengan pejalan kaki.

Namun demikian, ada banyak argumen yang menentang ide tersebut.

Selama ini sudah dipahami bahwa risiko penularan Covid-19 di luar ruangan lebih kecil daripada di dalam ruangan.

Berolahraga di luar ruangan adalah salah satu dari sedikit kebebasan yang masih dimiliki oleh banyak orang di tengah pandemi, termasuk di Inggris.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm