Ilustrasi siomay dimsum.
Ilustrasi siomay dimsum. ( Dok. Shutterstock/ Edgunn)

Agar kenyal Tak Ambyar, Berikut Ini Tips Membuat Siomay Dimsum

21 Januari 2021 07:53 WIB

SonoraBangka.id - Terbilang mudah untuk membuat siomay dimsum. Namun, agar siomay bertekstur kenyal ada beberapa trik yang harus dilakukan. Kegagalan yang paling sering terjadi saat membuat dimsum siomay adalah adonan yang ambyar alias buyar ketika digigit. Padahal, adonan dimsum siomay yang nikmat adalah yang kenyal. Berikut tips membuat siomay dimsum agar kenyal dari Sajian Sedap dan Kompas.com:

1. Pemilihan jenis ikan

Jika memilih membuat siomay dimsum ikan, gunakan jenis ikan yang lengket seperti ikan tenggiri atau ikan belida. Ketika digigit, jenis ikan ini punya tekstur daging yang padat dan garing. Ikan bisa dicampur dengan bahan lainnya seperti ayam atau daging lainnya yang dihaluskan lalu ditambahkan tepung dan bumbu.

2. Perhatikan perbandingan jumlah sayur campuran

Perhatikan dengan teliti resep yang tertera. Pada beberapa resep siomay dimsum ada campuran sayur seperti bengkoang atau labu. Idealnya, komposisi sayuran kurang dari komposisi daging.

3. Pakai es batu

Es batu adalah rahasia tekstur daging bisa kenyal, hal ini juga berlaku saat membuat bakso. Saat menggiling daging, tepung, dan sayuran, sebaiknya campurkan dengan es batu. Proses mencampur dengan es batu dilakukan saat proses awal menggunakan food processor.

4. Uleni bahan agak lama

Campur semua bahan siomay dimsum, lalu uleni agak lama. Pengulenan sebaiknya dilakukan dalam suhu rendah. Oleh karena itu butuh bantuan es batu. Alternatif lain, simpan daging satu malam di freezer agar membeku ketika digiling.

5. Jangan giling udang terlalu halus

Resep siomay dimsum kebanyakan menggunakan campuran udang. Sebaiknya udang tidak digiling terlalu halus, cukup dicacah kasar. Sebab udang memiliki tekstur daging yang kenyal alami. Sebaiknya juga pilih jenis udang pancet yang renyah untuk membuat siomay ayam udang. Tekstur udang membuat variasi pada siomay dimsum.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Membuat Siomay Dimsum Kenyal, Adonan Tidak Ambyar", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/18/150600775/5-cara-membuat-siomay-dimsum-kenyal-adonan-tidak-ambyar?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm