Para pebalap MotoGP melakukan start pada balapan GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (25/10/2015). (MOTOGP.COM)
Para pebalap MotoGP melakukan start pada balapan GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (25/10/2015). (MOTOGP.COM) ( kompas.com)

Sirkuit Sepang Mulai Mempertimbangkan Gelar Night Race

22 Januari 2021 20:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sirkuit Sepang, Malaysia, sudah cukup lama menjadi tuan rumah MotoGP. Selama ini, balapan selalu digelar pada siang hari. Tapi, pihak sirkuit juga ternyata mempertimbangkan untuk menggelar balapan malam.

Dari seluruh sirkuit yang menjadi tuan rumah MotoGP, hanya Sirkuit Losail, Qatar, yang menggelar balapan pada malam hari. Karena, pada siang hari, banyak pasir yang mengotori sirkuit, mengingat lokasinya yang berada di tengah padang pasir.

Di Sepang sendiri, sebenarnya tidak ada masalah dengan menggelar balapan pada siang hari. walaupun, terkadang cuaca yang cukup panas menyulitkan pebalap untuk beradaptasi.

Razlan Razali sebagai CEO Sirkuit Sepang, mengatakan, untuk menggelar night race, perlu mengecek terlebih dahulu sistem pencahayaannya dengan Franco Uncini, yang bertanggung jawab pada keamanan di FIM.

"Sistem pencahayaannya dibangun oleh orang yang sama yang membangun trek di Qatar dan menyuplai di Bahrain. Dia (Uncini) akan memertimbangkan peningkatan apa yang dibutuhkan," ujar Razlan, dikutip dari Speedweek.com.

Razlan menambahkan, dirinya saat ini masih menjabat sebagai CEO Sirkuit Sepang. Namun, untuk masa depan, CEO berikutnya juga akan memikirkan soal inovasi night race ini.

"Menurut saya, jika memungkinkan untuk menggelar balap tahun ini, akan memungkinkan juga untuk mengevaluasi kemungkinan diadakannya night race," kata Razlan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sirkuit Sepang Mulai Buka Wacana Gelar Night Race", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/22/134100315/sirkuit-sepang-mulai-buka-wacana-gelar-night-race.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm