Dok. lokasi pengerjaan jembaan Jerambah Gantung, Pangkalpinang
Dok. lokasi pengerjaan jembaan Jerambah Gantung, Pangkalpinang ( Sonorabangka.id/ Yudi)

Sudah 86 Persen, Suparlan Yakini Jembatan Jerambah Gantung Selesai Tepat Waktu

22 Januari 2021 20:26 WIB

SONORABAGKA.ID - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pangkalpinang, Suparlan Dulaspar mengungkapkan, hingga kini pembangunan Jembatan Jerambah Gantung masih terus dikerjakan.

Bahkan, Suparlan mengatakan pengerjaannya pun sudah mencapai 86 persen. 

"Saat ini sudah tahap pemasangan girder jembatan, pengerjaan akan terus kita kebut hingga selesai 100 persen," ungkap Suparlan seperti dikutip dari Bangkapos.com, Jumat (22/1/2021).

Suparlan menuturkan, berdasarkan perjanjian pasca ambruknya jembatan tersebut pada Oktober 2020 lalu, pengerjaan jembatan harus sudah rampung pada 20 Februari mendatang.

 

Ia pun menyakini pengerjaan jembatan senilai Rp25,9 miliar dari APBD Pangkalpinang itu selesai sesuai target yang telah ditetapkan meski saat ini sedang musim penghujan. 

"Insyaallah selesai, 100 persen kita optimis tepat waktu. Kalau girder sudah terpasang, sudah selesai itu barang. Memang saat ini sedang musim penghujan, tapi itu tidak menjadi kendala," ungkapya.

Lebih lanjut, dia menyebutkan, pembangunan jalan jembatan jerambah gantung ini dianggap strategis karena memangkas waktu tempuh yang bisa digunakan oleh mahasiswa maupun masyarakat hendak menuju ke Balunijuk. 

Biasanya, waktu tempuh Pangkalpinang dari Gabek menuju Balun Ujuk melalui jalan utama sekitar 20 menit. Namun jika melalui jembatan gantung ini hanya butuh waktu lima hingga tujuh menit. 

"Kemudian resiko lalu lintas melalui jalan utama terlalu banyak, karena ramai. Kalau lewat jembatan ini resiko kecelakaan lalu lintas kecil, jadi manfaatnya cukup besar," ucapnya.

Menurutnya, jika jembatan ini selesai, maka akan menjadi salah satu ikon di Pangkalpinan. Selain itu, kawasan Kelurahan Jerambah Gantung akan menjadi sentral perekonomian baru di Pangkalpinang

"Seperti pada perencanaan awal dibangunnya jembatan ini untuk memudahkan akses dari Pangkalpinang ke Kampus Universitas Bangka Belitung, Desa Balun Ijuk Kabupaten Bangka. Ini salah satu rencana strategis," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Pengerjaan Jembatan Gantung Terlaksana 86 Persen, Suparlan Optimis Selesai Tepat Waktu

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm