Sokbreker tabung palsu di Thailand (TikTok @bunjoy40)
Sokbreker tabung palsu di Thailand (TikTok @bunjoy40) ( kompas.com)

Awas, Sokbreker Tabung Palsu untuk Sepeda Motor

22 Januari 2021 22:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Tidak sedikit pengendara sepeda motor yang melakukan ubahan pada kendaraannya untuk meningkatkan kenyamanannya. Salah satunya adalah dengan mengganti suspensi belakang.

Tidak sedikit orang yang mengganti suspensi belakang motor dengan sokbreker belakang dengan tambahan tabung atau subtank. Suspensi jenis ini diklaim lebih baik meredam getaran ketika lewat permukaan jalan yang tidak rata.

Tapi, belum lama ini beredar video di aplikasi TikTok yang menampilkan sokbreker tabung palsu. Dalam video tersebut, bagian sambungan dari tabung ke sokbreker digergaji dan terlihat tabung tersebut hanyalah hiasan semata alias tidak berfungsi.

Diketahui video tersebut berasal dari Thailand. Namun, tak menutup kemungkinan hal tersebut terjadi juga di Indonesia, mengingat banyak produk aftermarket yang didatangkan dari Thailand.

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, mengatakan, subtank pada suspensi berfungsi untuk menampung oli.

"Prinsip kerja suspensi single tube yaitu udara dan oli berada dalam satu ruang dan hanya dipisahkan tekanan. Sedangkan pada sub tank, udara tersekat sendiri di bagian sub tank, sedangkan oli berada di tabung utama," kata Endro, kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Pada suspensi single tube, ketika kondisi suspensi berada di level paling tinggi, udara dan oli bisa tercampur, maka ada potesi timbul gelembung udara di area piston dan valve, sehingga kestabilan berkurang.

Sedangkan pada suspensi sub tank hal tersebut tidak akan terjadi di area piston dan valve kendati melalui trek serupa. Karena, ada pemisah antara oli dan udara yang mecegah keduanya bertemu langsung.

"Dalam kondisi full stroke dan sudut kemiringan ekstrem ada kemungkinan piston dan valve masuk ruang udara. Sedangkan di suspensi sub tank, dengan adanya sub tank, piston dan valve selalu terendam oli," ujar Endro.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waspada, Sokbreker Tabung Palsu untuk Sepeda Motor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/22/153100015/waspada-sokbreker-tabung-palsu-untuk-sepeda-motor.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm