Motor terabas banjir (Foto: Motorplus-online)
Motor terabas banjir (Foto: Motorplus-online) ( kompas.com)

Batas Aman Motor kalau Melewati Banjir

22 Januari 2021 22:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Saat Memasuki musim hujan beberapa ruas jalan berpotensi tergenang banjir. Bila ingin menerjang banjir maka perhitungkan ketinggian airnya.

Endro Sutarno sebagai Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, motor tetap bisa melintasi banjir selama air tidak masuk knalpot.

“Selama ketinggian air masih di bawah ujung knalpot, sepeda motor masih aman saat melintasi lokasi banjir,” kata Endro belum lama ini saat dihubungi Kompas.com.

Kata Endro, Karena itu, pengendara mesti memperhitungkan apakah jalan aman dilewati. Jangan sampai memaksa kemudian mogok di tengah jalan.

Dikatakan Endro, bila ketinggian air banjir melebihi dari ujung knalpot, lebih baik pengendara berputar dan tidak nekat melintasinya.

“Kalau pengendara nekat melintas dan melebihi batas tadi kemudian mogok, lebih baik motor jangan langsung dinyalakan," kata Endro.

"Kalau punya kemampuan, bisa periksa komponen kelistrikan, saringan udara, busi, knalpot, baterai, sampai karburator jika motornya belum injeksi,” kata Endro.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Batas Aman Motor kalau Terjang Banjir", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/22/180100615/batas-aman-motor-kalau-terjang-banjir.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm