Penduduk Jakarta memakai masker di Stasiun Tanah Abang pada Kamis (27/2/2020), menyusul maraknya penyebaran virus corona yang berasal dari China.
Penduduk Jakarta memakai masker di Stasiun Tanah Abang pada Kamis (27/2/2020), menyusul maraknya penyebaran virus corona yang berasal dari China. ( Ajeng Dinar Ulfiana/REUTERS)

Guna Menghindari Varian Baru Virus Corona, Ikuti Saran Pakar Berikut !

23 Januari 2021 10:46 WIB

SonoraBangka.id - Sejak pandemi Covid-19 dimulai, melakukan tindakan pencegahan terhadap virus SARS-COV-2 telah menjadi fakta kehidupan sehari-hari.

Tetapi dengan ditemukannya varian vrisu baru yang sangat menular dari Inggris, para ahli medis memperingatkan bahwa peningkatan penularan kemungkinan akan menyebabkan lonjakan kasus.

Badan Kesehatan Dunia ( WHO) menyatakan, varian baru virus corona yang ditemukan di Inggris kini sudah menginfeksi 50 negara.

Namun jangan khawatir. Para ahli telah merekomendasikan langkah-langkah yang akan membuat kita tetap aman dari penularan seperti berikut ini.

1. Ikuti terus panduan dasar

Sementara virus mungkin sedikit berubah, ternyata tindakan terbaik untuk menghindarinya  tetap sama, yaitu mengikuti protokol kesehatan.

Sejak pertama kali Covid-19 menyerang, para ahli terus mengingatkan kita untuk mengenakan masker wajah, menghindari kerumunan, mencuci tangan secara teratur, dan menghabiskan waktu di dalam rumah.

"Saya pikir tidak ada ruang untuk kesalahan atau kecerobohan dalam mengikuti tindakan pencegahan, sedangkan sebelumnya, kita mungkin bisa lolos dengan membiarkan satu virus."

Demikian dikatakan oleh profesor teknik sipil dan lingkungan di Virginia Tech, yang juga merupakan ilmuwan aerosol terkemuka, Linsey Marr, PhD.

2. Pikirkan kebutuhan harian

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm