Ilustrasi berkendara saat hujan (motorcyclenews.com)
Ilustrasi berkendara saat hujan (motorcyclenews.com) ( kompas.com)

Hal Yang Diperhatikan Saat Bersihkan Kaca Helm dari Air Hujan

23 Januari 2021 19:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Visibilitas atau pandangan pengendara sepeda motor sangat penting untuk diutamakan. Terlebih lagi saat musim hujan, di mana air hujan yang menempel di visor bisa menghalangi pandangan.

Tapi, untuk membersihkannya tidak bisa sembarangan. Karena, air hujan yang menempel mengandung kotoran. Belum lagi cipratan lumpur dari pengendara di depan.

Kalau salah saat membersihkannya, malah bisa membuat visor jadi lecet atau terlihat kusam. Akhirnya, visibilitas pun jadi terganggu, serta kenyamanan dan keamanan berkendara juga jadi berkurang.

Research & Development PT Tarakusuma Indah (TI), Tugimin, mengatakan, untuk membersihkan visor, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

"Jangan langsung mengusap kondisi visor yang kotor karena air hujan. Risikonya adalah lecet kena goresan," ujar Tugimin, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Untuk melindungi visor, bisa juga dengan cara melapisinya dengan cairan anti air. Cairan tersebut dapat membuat efek water repellent dan juga anti kabut.

"Sudah banyak yang melakukan perawatan seperti nano coating. Saran saya, jangan sembarangan memakai cairan yang mengandung zat kimia aktif," kata Tugimin.

Ditambahkan Tugimin, visor helm terbuat dari bahan plastik PC yang dilapisi anti gores dan bukan seperti kaca yang notabene tahan terhadap cairan kimia.

Ada beberapa produk yang dijual di pasaran untuk perawatan visor. Sebaiknya selalu teliti saat memilih produk.

"Carilah yang kandungan bahannya waterbase atau alkohol, karena lebih aman untuk visor," ujar Tugimin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Benar Bersihkan Kaca Helm dari Air Hujan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/23/134618015/cara-benar-bersihkan-kaca-helm-dari-air-hujan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm