Ilustrasi menguap
Ilustrasi menguap ( SHUTTERSTOCK )

Sering Menguap Padahal Sudah Cukup Tidur . Ternyata Ini Alasannya !

24 Januari 2021 07:15 WIB

SonoraBangka.id - Jika kita sudah cukup tidur di malam hari, besar kemungkinan kita akan jauh dari rasa kantuk seharian penuh.

Namun, beberapa orang merasa sering menguap meski dirinya sebetulnya sudah tidur cukup.

Kamu mengalaminya juga?

Ternyata, penyebab seseorang sering menguap tidak selalu karena kurang tidur.

Setidaknya, ada tiga alasan lainnya yang memicu seseorang sering menguap, di antaranya:

1. Kualitas tidur buruk

Kepala penghubung medis untuk pelayanan tidur dan pernapasan di Philips, Teofilo Lee-Chiong, MD mengatakan kepada Popsugar, bisa saja penyebabnya adalah kualitas tidur yang buruk.

Ingat, kuantitas dan kualitas adalah dua hal yang berbeda.

Bisa saja kamu sudah tidur cukup, namun ternyata kualitas tidurmu kurang baik.

Menguap bisa saja terjadi karena kita merasa kelalahan ketika beraktivitas di siang hari atau memilik gangguan tidur yang belum terobati, seperti sleep apnea.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kualitas tidur yang buruk adalah dengan melakukan beberapa hal berikut:

Menjaga waktu tidur rutin. Memiliki durasi tidur yang cukup setiap malamnya (direkomendasikan 7-9 jam).

Mengatasi gangguan tidur yang dialami, seperti sleep apnea. Menghindari segala sesuatu yang bisa mengganggu kualitas tidur.

"Kebiasaan seperti minum banyak alkohol sebelum tidur bisa menurunkan kualitas tidur, membuatmu lebih lelah di hari berikutnya dan lebih sering menguap," kata editor medis WebMD, Neha Pathak, MD.

2. Bosan

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm