Film Dokumenter Filosofi Kopi Aroma Gayo
Film Dokumenter Filosofi Kopi Aroma Gayo ( HAI Online)

Simak Kisah Perjalanan Rio Dewanto di Dataran Tinggi Gayo Lewat Film Dokumenter Filosofi Aroma Gayo

24 Januari 2021 12:43 WIB

BangkaSonoraID -  Rio Dewanto merupakan aktor Indonesia yang dikenal melalui salah satu filmnya tentang kopi yaitu Filosofi Kopi dan Filosofi Kopi 2: Ben & Jody. Pada film tersebut Rio berperan sebagai Jody, dimana ia memilki sahabat bernama Ben yang diperankan oleh Chicco Jerikho yang sama-sama mencintai kopi.

Setelah sukses membintangi kedua film tersebut, Rio Dewanto tidak berhenti mencintai kopi. Hal itu bisa dilihat ketika Rio Dewanto hadir dalam film dokumenter mengenai kopi berjudul Filosofi Kopi Aroma Gayo.

Film dokumenter ini menceritakan perjalanan Rio Dewanto menjelajahi dataran tinggi Gayo sebagai daerah penghasil salah satu kopi terbaik di dunia. Ia ingin mengetahui bukan hanya dari kopinya saja, tetapi orang-orang dibalik terkenalnya kopi Aceh Gayo.

Rio memulai perjalanannya ke Seladang Kopi, Bener Meriah. Bertemu dengan Sadikin Gembel dan berbincang tentang kopi Gayo. Saat itu, Rio Dewanto baru mengetahui bahwa ada empat hal yang menarik dari kopi Gayo, yaitu berkeadilan sosial, tidak bias gender, konservatif, dan humanis.

Kemudian, pertemuan dengan Sadikin Gembel, membawa Rio menuju Danau Lut Tawar. Dalam perjalanan itu Rio melihat pemandangan yang begitu menakjubkan dari keindahan alam di dataran tinggi Gayo.  

Sayangnya, dibalik keindahan alam yang luar biasa itu, nasib sebagian petani kopi Gayo begitu memperihatinkan, salah satunya Aman Zakaria. Ia merupakan petani kopi yang ditemui Rio Dewanto dan hidupnya masih belum berkecukupan. Padahal kopi Gayo pernah memenuhi sekitar 80 persen pasokan kopi untuk salah satu coffee shop ternama di dunia. 

Sebenarnya masih banyak hal lainnya yang dibahas dalam film dokumenter garapan sutradara Rahung Nasution tersebut. Selain, mendapat informasi mengenai kopi dalam film ini juga kalian bisa tahu kehidupan masyarakat sekitar yang hidupnya pada tanaman kopi.

Ingin tahu lebih lengkap perjalanan seru Rio Dewanto di dataran tinggi Gayo? Tonton segera film dokumenter Filosofi Kopi Aroma Gayo yang berdurasi 27 menit ini di www.bioskoponline.com. Mulai dari Rp 10.000 per film kalian sudah bisa menikmati banyak film yang disajikan oleh Bioskop Online.

(*)

SumberHAI Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm