Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock )

Adakah Risiko Kesehatan Hamil Di Usia 40 Tahun ? Yuk Cari tahu Disini

24 Januari 2021 13:37 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini telah menjadi kejadian yang semakin umum memiliki bayi atau sedang hamil usia 40 tahun.

Nah faktanya, Center for Disease Control and Prevention (CDC), menjelaskan bahwa angka hamil usia 40 tahun telah meningkat sejak tahun 1970-an, dengan jumlah kelahiran pertama pada wanita usia 40 hingga 44 tahun.

Memang, banyak faktor yang memengaruhi wanita untuk menentukan kapan waktu terbaik untuk merasakan kehamilan, baik dari usia reproduktif hingga hamil usia 40 tahun ke atas.

Selain hamil usia 40 tahun didapati terkena resiko untuk kesehatan janin dan ibu hamil, ternyata ada manfaat umum untuk hamil usia 40 tahun.

Manfaat dari hamil usia 40 tahun pada wanita adalah mengurangi kecenderungan kognitif pada bayi dan ibu, kehidupan lebih matang untuk mengalokasikan anak dari segi pendidikan, kesehatan dan juga kebutuhan sehari-hari.

Hal ini disampaikan oleh National Center for Biotechnology Information. Namun tentu saja, setiap wanita merasakan pengalaman yang berbeda saat hamil usia 40 tahun.

Peluang kehamilan "Usia semakin meningkat, maka cadangan sel telur pada wanita akan menurun.

Ini berkisar usia 35-40 tahun ke atas," dr. Yassin Yanuar Mohammad, Sp. OG-KFER, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Konsultan Fertilitas, Endokrinologi, dan Reproduksi di RS Pondok Indah.

Hamil usia 40 tahun, memiliki berbagai resiko untuk kesehatan ibu dan juga janin. Sel telur pada wanita usia 35 tahun ke atas akan menurun kualitas dan kuantitasnya.

Sehingga ini adalah penyebab utama hamil usia 40 tahun sangat kecil dan memiliki resiko tinggi.

Namun, untuk hamil usia 40 tahun, tentu saja bukan hal yang tidak mungkin terjadi, masih ada beberapa kemungkinan untuk hamil usia 40 tahun.

Wanita hamil usia 40 tahun dapat memakai program hamil secara alami dan juga bantuan perawatan dari dokter.

Ini tergantung pada kualitas sel telur dan sperma yang dimiliki kedua pasangan.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm