Ilustrasi tepung beras.
Ilustrasi tepung beras. ( SHUTTERSTOCK/HANDMADEPICTURES)

Bagus Untuk Pencernaan Berikut 5 Manfaat tepung Beras Bagi Tubuh

24 Januari 2021 14:51 WIB

SonoraBangka.id - Tepung beras memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya bermanfaat untuk alat pencernaan. Biasanya, tepung beras digunakan untuk membuat camilan tradisional khas Indonesia. Berikut setidaknya 5 manfaat tepung beras bagi tubuh, mulai dari lancarkan pencernaan sampai mengurangi minyak di rambut.
1. Melancarkan pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dalam tepung beras juga bisa mengurangi kemungkinan terkena kanker usus besar dan diabetes tipe 2. Dilansir dari Live Strong, tepung beras memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat dibutuhkan tubuh untuk melancarkan pencernaan.
2. Menurunkan berat badan
Menikmati makanan kaya serat bisa membuatmu cepat kenyang sehingga menghilangkan rasa lapar. Kandungan serat dalam tepung beras bisa membantu menurunkan berat badan.
3. Meningkatkan kesehatan hati
Dilansir dari Times of India, tepung beras juga mengandung kolin. Fungsi kolin adalah meningkatkan kesehatan hati dengan cara mengangkut kolesterol dari hati ke organ tubuh yang membutuhkan.
4. Melindungi kulit dari sinar matahari
Tepung beras juga bisa membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, selain bermanfaat untuk pencernaan. Dilansir dari Healthline, tepung beras memiliki kandungan asam para-aminobenzoic atau PABA. Kandungan ini terbukti melindungi kulit dari sinar UV. Kalau kamu ingin merasakan manfaat tepung beras untuk kulit wajah, campurkan tepung dengan air dan oleskan di area wajah seperti mengoleskan masker.
5. Mengurangi minyak di rambut
Tepung beras juga memiliki manfaat untuk rambut bukan hanya bagus untuk kulit. Pati beras bisa mengikat minyak dan mengontrol kilau rambut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Manfaat Tepung Beras untuk Tubuh, Bisa Lancarkan Pencernaan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/21/180600475/5-manfaat-tepung-beras-untuk-tubuh-bisa-lancarkan-pencernaan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm