Ilustrasi garam himalaya
Ilustrasi garam himalaya ( PIXABAY/ MONICORE)

Sedapkan Masakan Dan Baik Bagi Kesehatan, Ini Manfaat Garam Himalaya

24 Januari 2021 15:34 WIB

SonoraBangka.id - Karena mengandung mineral murni yang cukup tinggi sehingga garam himalaya dipercaya memiliki banyak manfaat. Selain itu garam himalaya juga tidak mengalami proses pemurnian berlebih sehingga kandungan nutrisi dan mineralnya masih terjaga. Lantas apa sajakah manfaat garam himalaya jika digunakan untuk memasak?


1. Menyedapkan masakan
Garam himalaya juga dapat membuat rasa masakan jadi lebih sedap dan nikmat sama seperti garam dapur lainnya. Agar rasa masakan tidak terlalu asin dan menimbulkan efek sampingBaiknya gunakan garam himalaya dengan takaran yang tepat.


2. Memulihkan kadar elektrolit tubuh
Garam himalaya juga memiliki manfaat bagi kesehatan selain untuk menyedapkan masakan. Mengutip laman Prevention, garam himalaya mampu memulihkan kadar elektrolit pada tubuh. Guna mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menambahkan garam himalaya pada masakan. Opsi lainnya ialah meminum air yang sudah diberi seperempat sendok teh garam himalaya dan madu.


3. Menyeimbangkan pH
Garam himalaya dapat membantu menyeimbangkan pH tubuh berkat kandungan mineral alaminya yang cukup tinggi. Seperti dilansir dari laman Healthline. pH tubuh yang seimbang akan membantu mencegah penurunan sistem kekebalan tubuh, hilangnya kepadatan tulang, dan juga batu ginjal. Lebih daripada itu, garam himalaya juga dapat dimanfaatkan sebagai antasida untuk menetralkan asam lambung berlebih.


4. Mengontrol gula darah
Aliran cairan dalam tubuh membaik apabila mengonsumsi garam himalaya dengan takaran yang tepat. Dengan begitu, keseimbangan mineral dan hormon juga akan semakin baik. Secara tidak langsung hal tersebut akan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah lonjakan gula dasar secara tiba-tiba.


5. Mencegah hipotermia
Hipotermia adalah keadaan suhu tubuh turun hingga berada di bawah 35 derajat Celcius. Biasanya hipotermia menyerang seseorang yang tengah berada di tempat dingin, seperti puncak gunung misalnya. Salah satu cara efektif untuk mencegahnya ialah dengan mengonsumsi natrium yang cukup melalui makanan sehat. Alternatif mudahnya yakni dengan mengganti garam dapur dengan garam himalaya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Manfaat Garam Himalaya, Sedapkan Hidangan dan Baik bagi Kesehatan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/17/091100775/5-manfaat-garam-himalaya-sedapkan-hidangan-dan-baik-bagi-kesehatan?page=all#page2.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm