Ilustrasi roti tawar buatan sendiri yang dinikmati dengan olesan mentega.
Ilustrasi roti tawar buatan sendiri yang dinikmati dengan olesan mentega. ( PIXABAY/CONGERDESIGN)

Cukup Pakai Panci, Berikut Cara Membuat Roti Tawar Tanpa Oven

24 Januari 2021 15:50 WIB

SonoraBangka.id - Biasanya untuk membuat roti dibutuhkan oven. Namun, bagaimana bila tak mempunyai oven? Tak perlu khawatir, Food Network membagikan resep roti tawar tanpa oven. Cukup pakai Dutch oven, sebutan untuk panci besi tebal dengan kedalaman 9 inchi atau sekitar 22-23 sentimeter. Roti tawar bisa menjadi pilihan menu sarapan. Diolesi selai buah maupun dipanggang di atas wajan teflon (toast) kemudian dimakan dengan telur mata sapi. 

Resep roti tawar

Bahan

  • 2 sdm mentega tawar
  • 1 1/2 sdt ragi kering
  • 1 1/2 sdt gula
  • 1 1/2 sdt garam
  • 2 2/3 cup tepung serbaguna 

Cara membuat roti tawar

1. Olesi panci dengan mentega. Sisihkan.

2. Dalam wadah mixer, masukkan mentega, ragi kering, gula, garam, dan 1 cup air hangat. Hidupkan mixer kecepatan rendah, tambahkan tepung per 1/2 cup. Sebelum menambah tepung, pastikan adonan sebelumnya sudah tercampur rata. Bila tepung sudah masuk semua, naikkan kecepatan mixer menjadi medium. Aduk selama 8 menit. Pastikan adonan kalis.

3. Letakkan adonan roti ke dalam panci yang sudah diolesi mentega tadi. Tutup panci dan biarkan adonan mengembang 2 kali lipat ukuran semula. Proses ini berjalan sekitar 1 jam.

4. Taruh panci ke atas kompor, hidupkan api medium-low dan masak selama kira-kira 20-25 menit, sampai temperatur roti menjadi 93 derajat celsius.

5. Bila sudah, matikan kompor. Biarkan roti tetap berada dalam panci, dinginkan selama 5 menit. Kemudian, pindahkan ke atas rak pendingin kue. Roti tawar siap untuk dipotong dan diberi selai kesukaan. Bisa juga hanya diberi mentega dan disantap bersama susu. Kamu dapat menyimpan roti tawar dalam plastik yang tertutup rapat dan diletakkan di dapur bukan kulkas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Roti Tawar Tanpa Oven, Cukup Pakai Panci", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/06/08/130900275/resep-roti-tawar-tanpa-oven-cukup-pakai-panci.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm