Kolong tol Becakayu dijadikan tempat berjualan mobil bekas, Jakarta Timur, Senin (11/2/2019) (KOMPAS.com/ Ryana Aryadita)
Kolong tol Becakayu dijadikan tempat berjualan mobil bekas, Jakarta Timur, Senin (11/2/2019) (KOMPAS.com/ Ryana Aryadita) ( kompas.com)

Beli Mobil Bekas, Lebih Baik yang Sudah Dicat Ulang atau Cat Ori?

24 Januari 2021 22:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Keadaan cat mobil sejatinya memang sangat memengaruhi harga jual kendaraan. Masih banyak pemilik kendaraan yang melakukan cat ulang (repaint) pada kendaraannya.

Hal ini dilakukan supaya mobil tetap mulus dengan warna yang sesuai dengan keinginan. Ada juga yang melakukan hal tersebut untuk menutup baret, penyok atau bekas tabrakan.

Tapi, tidak sedikit orang yang mencari mobil dengan kondisi cat masih orisinal alias asli.

Walaupun, tidak mudah mencari mobil mulus dengan cat masih asli pabrikan, apalagi jika mobil tersebut merupakan keluaran tahun 90-an.

Lantas, mana yang sebaiknya dipilih saat membeli ingin mobil bekas, cat orisinal tapi banyak baret atau yang masih mulus tapi sudah repaint?

Christopher Sebastian sebagai CEO Top Coat Indonesia menyarankan, lebih baik konsumen memilih cat yang masih orisinal karena keaslian mobil itu bisa dilihat dari catnya. Jika sudah dicat ulang, perlu dicurigai apakah ini mobil bekas tabrakan atau tidak.

Tapi, bila baretannya terlalu banyak atau parah, maka harus dilakukan repaint supaya tampilan mobilnya tetap mulus.

“Ketika melakukan repaint, prosesnya juga harus diperhatikan. Tidak boleh dilakukan sembarangan, dan harus menggunakan cat bagus dan sesuai dengan warna orisinalnya,” ujar Christopher saat ditemui Kompas.com di BSD Tangerang, Jumat (22/1/2020).

Christopher mengaku, banyak menemui kasus mobil yang sudah dicat ulang, tapi hasilnya kasar seperti kulit jeruk dan banyak gelombang.

“Ketika dipoles pun catnya akan mengelupas, karena proses repaint yang tidak bagus,” kata Christopher.

Menurut Christopher, tidak ada masalah bila pemilik mobil ingin melakukan repaint tetapi harus menggunakan standar yang bagus agar merusak lapisan cat dan tampilan kendaraan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cari Mobil Bekas, Lebih Baik yang Cat Ori atau Sudah Dicat Ulang?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/24/094100915/cari-mobil-bekas-lebih-baik-yang-cat-ori-atau-sudah-dicat-ulang-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm