Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman
Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman ( Ist / Diskominfo Babel)

Gubernur Erzaldi : Belum Ada Kearifan Lokal Dalam Penanganan Bencana

25 Januari 2021 20:23 WIB

SonoraBangka.id - Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman mengatakan, bencana tidak bisa dihindari, namun bisa diupayakan semaksimal mungkin sebagai langkah-langkah preventif.Hal ini diungkapkannya dalam pembukaan Webinar Nasional dengan tema Peranan Media dan Psikologi dalam Penanggulangan Bencana secara virtual yang digelar Program Studi (Prodi) Psikologi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik (SAS) Babel, melalui aplikasi zoom, di Ruang Vicon Gubernur Babel, Jumat (22/01/2021).

"Contohnya dalam menangani pandemi Covid-19, kita belum menemukan sejauh mana kearifan lokal (lokal wisdom), yaitu perhatian sesama masyarakat kita dalam menangani bencana. Masih banyak masyarakat yang menganggap orang yang terkena Covid-19, harus diasingkan. Hal ini karena masyarakat belum mengetahui secara benar mengenai virus ini," ungkapnya.

Menurut Gubernur Erzaldi, disinilah dibutuhkan peran kawan-kawan mahasiswa psikolog. Dengan cara memberikan pesan yang menyejukkan hati, mengedukasi masyarakat dengan membagikan informasi, khususnya cara bertindak di masa pandemi ini.

"Tindakan kecil yang kawan-kawan mahasiswa psikolog lakukan, mungkin bisa memberikan manfaat yang luar biasa," tuturnya.

Gubernur Erzaldi juga menyampaikan pesan kepada rekan-rekan media bahwa, jika informasi tidak diarahkan dengan baik, berita hoax dibiarkan beredar, serta cara penyampaian berita yang tidak tepat, maka akan memberikan dampak negatif. Karenanya, dibutuhkan kolaborasikan peran media berita dan media sosial, agar mitigasi bencana dapat dilakukan.

"Khususnya di Babel ini, bencana non alam alhamdulillah dapat kita kendalikan dengan baik, sekalipun dengan kondisi penuh tantangan. Tetapi dibalik itu, kita harus gali peluang yang ada, sehingga kita bisa sukses," pungkasnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm