Ilustrasi kucing sedang menikmati catnip.
Ilustrasi kucing sedang menikmati catnip. ( SHUTTERSTOCK/ANNA HOYCHUCK)

Benarkah Tanaman Catnip Bisa Melindungi Kucing dari Nyamuk ?

26 Januari 2021 10:26 WIB

SonoraBangka.id - Kebanyakan kucing rumahan tentu tidak akan bisa diam jika sudah diberi mainan yang disukainya, seperti tanaman catnip.

Tapi, selain dijadikan sebagai mainan bagi kucing, ternyata tanaman yang bernama ilmiah Nepeta cataria ini mempunyai manfaat lain lho.

Dari sebuah studi, ditemukan bahwa tanaman catnip dan silver vine (Actinidia polygama) bisa membantu hewan berkumis yang lucu ini terhindar dari serangga.

Studi itu diterbitkan di jurnal Science Advances.

Para peneliti mengungkap, bagian dari tanaman catnip dan silver vine yang menempel di bulu kucing mampu melindungi kucing dari nyamuk atau parasit, seperti dilaporkan Daily Mail.

Guna membuktikan teori yang ada, peneliti melakukan uji coba pada 25 kucing laboratorium, 30 kucing liar, dan kucing berukuran lebih besar seperti macan tutul Amur, dua jaguar, dan dua lynx Eurasia.

Peneliti juga mencari tahu bagaimana seluruh kucing yang diteliti menanggapi tanaman catnip dan silver vine.

"Kucing rumahan dan kucing lain mengusap wajah dan kepalanya pada catnip dan silver vine dan berguling di tanah," tulis para peneliti.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm