Nasi kacang hijau dengan ubi merah ala Chef Norman Ismail, Senin (25/1/2021).
Nasi kacang hijau dengan ubi merah ala Chef Norman Ismail, Senin (25/1/2021). ( DOK. PT UNILEVER INDONESIA TBK.)

Berikut Ini Cara Membuat Nasi Kacang Hijau Dengan Ubi Merah

26 Januari 2021 11:05 WIB

SonoraBangka.id - Dua makanan lokal Indonesia yang bergizi dan harganya terjangkau adalah kacang hijau dan ubi merah. Menurut Healthline, kacang hijau mengandung beragam mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh. Protein, serat, vitamin B1 dan B2, magnesium, zat besi, serta zink misalnya. Ubi juga sumber serat, vitamin dan mineral seperti vitamin A dan C, serta kalium seperti dikutip dari Healthline. Ubah bahan tersebut menjadi nasi kacang hijau dengan ubi merah yang lezat nan bergizi. Cara membuat nasi kacang hijau dengan ubi merah dibagikan oleh Chef Normal Ismail pada acara virtual media gathering "Royco dengan Garam Beriodium".

Resep nasi kacang hijau dengan ubi merah

Bahan

  • 150 gram beras
  • 75 gram jagung manis, pipil
  • 50 gram kacang hijau, rebus dan tiriskan
  • 1/2 buah ubi merah, kupas dan potong dadu
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang serai
  • Lada
  • 1/2 sdt kaldu bubuk rasa ayam
  • 200-250 ml air

Cara membuat nasi kacang hijau dengan ubi merah

  1. Cuci beras hingga bersih. Tiriskan. Baca juga: Cara Tepat Cuci Beras agar Nasi Pulen dan Tidak Menggumpal
  2. Rebus air sampai mendidih. Masukkan beras, jagung manis, kacang hijau, dan ubi merah. Tambahkan daun salam, serai, dan lada. Bumbui dengan kaldu bubuk. Aduk rata.
  3. Kecilkan api. Masak sampai semua bahan matang, sambil sesekali aduk. Setelah matang, angkat. Sajikan nasi kacang hijau ubi merah di dalam mangkuk. Nikmati selagi hangat.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Nasi Kacang Hijau Ubi Merah, Menu Sarapan Bergizi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/26/090539375/resep-nasi-kacang-hijau-ubi-merah-menu-sarapan-bergizi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm