Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock )

Berapa Kali Kita Harus BAB, Agar Tetap Sehat ? Simak Infonya Disini

26 Januari 2021 14:04 WIB

SonoraBangka.id - Buang air besar ( BAB) adalah fungsi biologis yang penting guna membersihkan tubuh dari bakteri, serat, sel, air, dan materi tanaman yang tidak dapat dicerna.

Beberapa orang mungkin sangat rutin pergi ke kamar kecil setiap pagi, sementara sebagian lainnya tidak punya jadwal BAB yang terprediksi.

Nah, walaupun setiap orang melakukannya, tidak semuanya melakukan dengan frekuensi yang sama.

Lalu, seberapa sering kita harus BAB?

Jean Marie Houghton, MD, dokter yang melakukan praktik gastroenterologi di UMass Memorial Health Care di Worcester, Massachusetts, menjelaskan kepada Health bahwa frekuensi rata-rata BAB adalah antara tiga kali sehari dan setiap tiga hari, dan frekuensi di antaranya.

Sehingga jika frekuensi BAB-mu di antaranya, maka dapat dikatakan masih dalam batas normal.

Dr. Houghton mengatakan bahwa kebanyakan orang memiliki rutinitas BAB yang cukup rutin meskipun dapat bervariasi dari waktu ke waktu.

Namun, ia mengingatkan untuk tidak terlalu terpaku pada angka.

"Jika kamu BAB tiga kali sehari dan merasa nyaman, maka itu sempurna,” ungkapnya.

Sebaliknya, jika kamu sering BAB dan malah merasa kembung, tidak nyaman, atau terus buang air besar, maka itu tidak normal dan memerlukan penanganan profesional medis.

Sebagai gambaran, sebuah survei yang dilakukan Healthline terhadap lebih dari 2.000 responden, dilaporkan bahwa pola BAB mereka adalah sebagai berikut:

Hampir 50 persen responden BAB satu kali dalam sehari, sementara 28 persennya dua kali sehari. Hanya 5,6 persen yang melaporkan BAB hanya satu atau dua kali seminggu.

Kebanyakan responden (61,3 persen) melaporkan waktu BAB mereka rata-rata di pagi hari, sementara 22 persennya di siang hari dan hanya 2,6 persen yang BAB di malam hari.

Hampir 31 persen responden melaporkan konsistensi tinja mereka mirip dengan sosis atau ular, dengan konsistensi yang halus dan lembut.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm