Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka baru saja meresmikan sambungan rumah dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Lumut Kecamatan Belinyu, pada Selasa (26/1/2021).
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka baru saja meresmikan sambungan rumah dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Lumut Kecamatan Belinyu, pada Selasa (26/1/2021). ( Diskominfotik Bangka/ A Mangatas)

Resmikan Program SPAM, Bupati Bangka Harap Ini Jadi Solusi Penyediaan Air Layak Konsumsi Bagi Masyarakat

26 Januari 2021 23:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka baru saja meresmikan sambungan rumah dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Lumut Kecamatan Belinyu, pada Selasa (26/1/2021).

Hadirnya SPAM yang dikelola desa ini diharapkan bisa menjadi solusi atas penyediaan air minum yang layak konsumsi bagi masyarakat.

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan, hal ini bertujuan untuk mensukseskan program pemerintah dalam menyediakan 100% akses air minum layak konsumsi.

Selain itu, disebutkan pula bahwa masih ada program lainnya seperti 100% sanitasi dan 0% pemukiman kumuh.

"Ini merupakan salah satu upaya Pemkab Bangka untuk menyediakan air yang layak bagi masyarakat, terlebih lagi selama musim kemarau nantinya. Secara kualitas air dari SPAM ini juga lebih terjamin dan aman untuk digunakan masyarakat," tutur Mulkan.

Ia pun meminta masyarakat terus mendukung program-program yang dilaksanakan baik oleh Pemerintah Pusat ataupun Daerah.

Terutama dalam menjaga dan merawat dari fasilitas SPAM agar dapat terus berfungsi dan memberikan manfaat.

"Bagi masyarakat juga diharapkan untuk mendukung dan merawat dari fasilitas SPAM ini. Karena keberlanjutan dari SPAM ini berada di dukungan kita semua," pesan Mulkan.

Selama tahun 2020, Kabupaten Bangka telah memiliki jaringan SPAM di sepuluh desa dan terdapat 500 sambungan rumah.

Jumlah tersebut kedepannya akan terus ditingkatkan agar benar benar mencapai 100% penyediaan air minum layak konsumsi bagi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Rismy Wira Madonna menuturkan, penambahan 500 jaringan rumah tersebut diberikan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Pemasangannya pun dilaksanakan secara gratis dan masyarakat hanya diwajibakan untuk membayar bulanan.

"Semoga kegiatan ini membukitakan bahwa Pemkab Bangka selalu berkomitmen guna meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Bagi masyarakat penerima juga mari kita bersama merawat dan memelihara dari fasilitas ini," ujar Rismy.

SumberDiskominfotik Bangka
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm