Jalan Kapten Munzir, Tamansari, Pangkalpinang, banjir, Selasa (26/1/2021)
Jalan Kapten Munzir, Tamansari, Pangkalpinang, banjir, Selasa (26/1/2021) ( Bangkapos.com/Yuranda)

Rumahnya Kerap Kebanjiran, Sejumlah Warga Mengeluh dan Merasa Was-was

26 Januari 2021 23:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Hujan deras yang mengguyur Kota Pangkalpinang, kembali membuat sejumlah ruas jalan dan pemukiman warga di kota ini tergenang banjir, Selasa (26/1/2021).

Beberapa ruas jalan di kawasan yang tergenang air pun diblokir oleh warga setempat dan melarang pengguna jalan untuk melintas, lantaran ketinggian air yang membahayakan, seperti di Jalan Kapten Munzir air mencapai sebetis orang dewasa.

Sejulmah wilayah yang tergenang di antaranya di Kampung Jawa, Batintikal, Tamansari, Jalan Ahmad Yani Dalam dekat Pasar Pagi, Jalan Kampung Melayu, di Alun-alun Taman Merdeka, dan Jalan Kapten Munzir (Balai) Kota Pangkalpinang.

Banyak rumah warga yang tergenang air akibat hujan yang melanda kota ini, satu di antaranya, Rumah Arvita Warga Kampung Jawa, Kelurahan Batintikal, Tamansari Pangkalpinang.

Arvita mengeluh setiap kali hujan deras, kediamannya selalu banjir. Banjir ini sangat meresahkan mereka, lantaran barang elektronik miliknya pasti rusak kena air.

"Kulkas setengah dan mesin cuci sudah terendam air, selalu banjir nggak bisa istirahat, sangat meresahkan kami," kata Arvita, seraya menunjuk barang elektronik miliknya yang terendam air, Selasa (26/1/2021).

Rumah Arvita ini satu di antara sejumlah rumah di kawasan tersebut yang tergenang air. Banjir yang melanda kawasan itu bervariasi rata-rata selutut orang dewasa.

"Penyebab sungai yang tidak di keruk, sehingga air yang datang meluap ke permumiman, cuma satu kali sejak 11 tahun tidak dilakukan rehabilitasi atau pengerukan," katanya.

Ketua RT 3, RW 3, Kelurahan, Batintikal, Tamansari, Kota Pangkalpinang Ribumi, mengatakan penyebab banjir di daerahnya itu, karena Sungai Linggar Jati sudah dangkal, sehingga hujan lebat sungai tersebut tidak tertampung lagi.

"Sudah belasan tahun tidak ada rehabilitasi sungai, ini salah satu penyebabnya. Harusnya sungai ini dikeruk sehingga bisa menampung air, kami akan usulkan ke pemerintah untuk keruk sungai, " ungkap Ribumi di Lokasi.

"Sedangkan Pemerintah malah memperbaiki jalan. Banyak warga yang mengeluh kepada kami, setiap kali hujan pasti banjir. Ini masalah bagi kami saat ingin beristirahat selalu was-was," imbuhnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm