Presiden Joko Widodo bersiap disuntik vaksin covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/1/2021)
Presiden Joko Widodo bersiap disuntik vaksin covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/1/2021) ( Tangkap layar Youtube Sekretariat Presiden)

Dokter Mengatakan Jokowi Tak Ada Keluhan Setelah Disuntik Vaksin Covid-19

27 Januari 2021 10:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Presiden RI Joko Widodo menerima vaksinasi Covid-19 dosis kedua pada Rabu (27/1/2021).

Vaksinasi dosis pertama disuntikkan ke Jokowi 14 hari lalu tepatnya Rabu, 13 Januari 2021.

Dokter yang menyuntikkan vaksin ke Jokowi, Abdul Muthalib, mengungkapkan, tak ada keluhan apa pun yang dirasakan Jokowi usai disuntik vaksin dosis pertama.

"Berbincang tadi dengan Bapak Presiden dan saya menanyakan pertama kali, apakah Bapak ada keluhan setelah vaksinasi pertama? Ternyata tidak ada sama sekali," ucap Wakil Ketua Dokter Kepresidenan itu di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu.


"Begitu juga waktu disuntik Bapak merasakan sedikit waktu ditusuk saja, tapi yang lain-lain tidak ada apa-apa," ujarnya.

Abdul menyebutkan, vaksin yang disuntikkan tak memberikan efek samping yang berbahaya.

Ia memastikan bahwa vaksin yang digunakan baik pada dosis pertama maupun kedua adalah Sinovac.

"Saya ingin menjelaskan sekali lagi bahwa vaksin yang saya berikan adalah vaksin Sinovac, bukan vaksin yang lain," tegasnya.

Saat vaksinasi dosis pertama digelar 13 Januari lalu, Jokowi memang menyampaikan bahwa dirinya tak merasakan apa-apa.


Beberapa jam setelah disuntik Jokowi sempat mengaku sedikit pegal, namun ia memastikan dalam kondisi baik.

Hal yang sama juga Jokowi rasakan usai disuntik vaksin Covid-19 dosis kedua pada hari ini.

"Sama seperti yang dilakukan dua minggu yang lalu, tidak terasa. Kalau dulu setelah 2 jam hanya pegal-pegal, sekarang saya kira juga sama saja. Saya juga aktivitas ke mana-mana juga," ucap Jokowi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dokter Sebut Jokowi Tak Ada Keluhan Usai Disuntik Vaksin Covid-19", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/01/27/09480901/dokter-sebut-jokowi-tak-ada-keluhan-usai-disuntik-vaksin-covid-19.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm