Ilustrasi-Virus Corona.Gejala dan Ciri Corona, Kehilangan Indra Perasa & Penciuman Bisa Jadi Tanda Ada Covid-19 di Tubuh
Ilustrasi-Virus Corona.Gejala dan Ciri Corona, Kehilangan Indra Perasa & Penciuman Bisa Jadi Tanda Ada Covid-19 di Tubuh ( Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S )

Jika Alami Gejala Ringan Covid-19, Lakukan 3 Langkah Penting Ini

27 Januari 2021 15:27 WIB

SonoraBangka.id - Makin hari kasus Covid-19 tanah air terus mengalami kenaikan.

Tren kenaikan kasus ini terjadi setelah libur panjang akhir tahun lalu.

Sejauh ini, mayoritas orang yang terinfeksi Covid-19 atau sekitar 80 persen sebetulnya adalah orang tanpa gejala atau mengalami gejala ringan.

Sementara pasien dengan gejala sedang-berat sekitar 10-15 persen dan pasien kritis Covid-19 hanya sekitar 5 persen.

Karena mayoritas orang yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala atau hanya memiliki gejala ringan, maka penting agar setiap orang yang mengalami gejala tersebut melakukan pemeriksaan.

Nah, jika Anda mulai merasakan gejala mirip Covid-19, tak perlu panik.

Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk ikut berkontribusi menekan angka penularan Covid-19:

1. Kenali gejalanya

Menurut Spesialis Asma dan Paru RS EMC Sentul, dr Herman, SpP, pasien yang merasakan gejala ringan sebaiknya segera pergi ke rumah sakit terdekat untuk memeriksakan diri dan memastikan tingkat keparahan gejalanya.

Adapun beberapa gejala awal Covid-19 antara lain:

  • Demam.
  • Batuk dan nyeri otot.
  • Mual atau muntah.
  • Diare, dan
  • Kehilangan kemampuan indera penciuman atau perasa.

Melakukan pemeriksaan dengan segera akan membuat Anda lebih cepat mendapatkan penanganan yang tepat.

"Kalau ringan pengobatannya isolasi mandiri, konsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh, untuk obat-obatan seperti antivirus dan antibiotik tergantung dari penilaian dokter," ujarnya dalam sesi Instagram Live, Jumat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm