Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock )

Seberapa Pentingkah Saling Mengungkap Rasa Sayang Pada Pasangan Kita ?

27 Januari 2021 20:12 WIB

SonoraBangka.id - Tidak semua orang mampu mengungkapkan rasa kasih sayang terhadap orang yang dicintainya, termasuk pasangan hidupnya sendiri.

Apalagi, sebagian besar masyarakat di Indonesia cenderung tak terbiasa dengan budaya untuk saling mengungkapkan rasa sayang, entah mungkin karena canggung atau pun gengsi.

Nah, belum lama ini brand cokelat Cadbury berkolaborasi dengan Rumah Konsultasi Psikologi TigaGenerasi untuk melakukan survei mengenai ungkapan kasih sayang.

Hasilnya, sebanyak 63 persen responden masih merasa sulit untuk mengungkapkan perasaan mereka.

Bahkan, sebanyak 45 persen responden memilih untuk tidak mengungkapkan isi hatinya kepada pasangan.

"Mengungkapkan rasa kasih sayang itu adalah salah satu bagian penting dari komunikasi dengan pasangan."

Demikian penuturan psikolog sekaligus co-founder TigaGenerasi, Saskhya Aulia Prima, MPsi dalam konferensi pers virtual bersama Cadbury melalui aplikasi Zoom, Rabu (27/1/2021).

Selain itu, kata Saskhya, mengungkapkan perasaan juga sangat membantu untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman, sehingga membantu mengurangi stres.

Hanya saja, dari segi cara penyampaiannya terdapat perbedaan dalam mengungkapkan rasa sayang, tergantung masing-masing individu. "Alasan yang sering membuat pasangan merasa malu atau gengsi dalam mengungkapkan perasaan karena takut akan penolakan dan respons yang tidak sesuai harapan," kata dia.

"Kita mungkin berpikir jika pasangan bisa membaca pikiran, dan juga tidak terbiasa secara budaya untuk mengungkapkan rasa kasih sayang," sambung dia.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm