Review The White Tiger (2021): Mirip Film India Slumdog Millionaire Rasa Parasyte
Review The White Tiger (2021): Mirip Film India Slumdog Millionaire Rasa Parasyte ( HAI Online)

Review The White Tiger (2021): Mirip Film India Slumdog Millionaire Rasa Parasyte

28 Januari 2021 13:22 WIB

BangkaSonoraID

Jika dalam pelajaran sejarah, kita pernah mendengar buku dan guru menyebut ada 4 kasta di India, nah dalam film The White Tiger (2021) yang tayang di Netflix, 22 Januari lalu, kita dapat melihat adanya puluhan kasta lain di bawah Sudra.

Salah satunya seperti yang digambarkan dalam film The White Tiger yang disutradarai Ramin Bahrani, seorang sutradara berdarah Iran-Amerika. Film ini menunjukkan sosok pria dari kelas bawah bertemu dengan tuan majikan dari kelas berada.

Adalah kisah Balram Halwai (diperankan oleh Adarsh Gourav) seorang supir (bukan online ya) yang sungguh setia kepada majikannya, seorang tuan tanah yang korup di Laxmangarh, wilayah miskin di India.  

Sebelum meraih cita-cita yang tak terlalu tinggi yaitu jadi supir, Balram hanyalah seorang siswa  yang terpaksa berhenti sekolah karena dituntut keluarga miskinnya untuk mencari nafkah jadi pelayan dan tukang arang.

 Nggak mau hidupnya begitu-begitu saja, Balram bersikeras hidupnya harus berubah, dia pun melihat peluang menjadi supir atau pegawai tuan tanah, yang penting di masuk circle orang kaya.

Kisah ini menarik tentang bagaimana pelayan dan tuannya ini merefleksikan potret dinamis di India, negara demokratis terbesar dengan sistem kasta yang memecah belah negara itu.

Dirangkum dari Associated Press, ternyata film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama yang memenangi penghargaan Booker Prize tahun 2008 karya Aravind Adiga. 

Nah di filmnya, The White Tiger dibuka dengan adegan Balram yang tengah duduk dalam balutan kostum Maharaja (orang India terpandang di kerajaan Inggris-nonton Victoria & Abdul deh) di kursi belakang sebuah mobil yang tengah ngebut di jalanan Delhi di tahun 2007. 

Di depannya, duduk sepasang suami-istri, Ashok (Rajkummar Rao) anak dari tuan tanah dan Pinky (Priyanka Chopra Jonas). Masalah muncul saat seorang anak tiba-tiba menyeberang jalan.

Lewat adegan-adegan selanjutnya, belakangan kita tahu bahwa Balram adalah si supir sementara Ashok, anak majikan utamanya.   

SumberHAI Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm