Daft Punk
Daft Punk ( HAI Online)

Rekam Jejak Daft Punk dan Kenapa Mereka Penting untuk Kancah Musik Elektronik

24 Februari 2021 06:57 WIB

BangkaSonoraID

Inggris boleh aja jadi negara paling produktif mencetak band-band electronica andalan. Tapi bukan berarti negara tetangga (Perancis, red) nggak punya band electronica.

Daft Punk muncul sebagai band elektronik yang menonjol dari kubu Perancis. Pas awal mula muncul ke permukaan di medio 90an, duo Thimas Bangalter dan Guy-Manuel de Homem Christo sering kali disebut sebagai The Chemical Brothers-nya Perancis.

Bahkan, yang mereka lakukan dianggap sama dengan apa yang Oasis lakukan terhadap musik The Beatles. Perbandingan yang justru paling dibenci duo cowok asli Perancis itu.

Atas alasan itu pulalah, hasil remix Daft Punk sedikit sekali beredar di pasaran pas awal-awal kemunculan mereka. The Chemical Brothers dan Gabrielle adalah salah satu artis beruntung lantara lagunya digaram Daft Punk.

 Mereka bahkan cuek aja menolak saat ditawarkan me-remix karya David Bowie.

Daft Punk pun tampaknya nggak asal ambil keputusan. Album Homework di tahun 1997 adalah gabungan acid funk dan elemen electronic yang brilian.

Ini keliatan lewat lagu Phoenix dan Da Funk yang menampilkan funk yang kental, Teachers dengan olah string bass yang halus, dan Musique yang terdengar kayak gabungan funk, soul, house, dan acid versi Daft Punk.

Lewat debut albumnya itu, Daft Punk seolah memberi bukti bagaimana musik elektronik digarap secara artisitik.

"Banyak musisi yang membuat musik eletronik tapi mereka hanya tertarik dengan cara pembuatannya. Artinya, tertarik pada teknisnya atau pembuatannya yang bisa dilakukan di rumah. Mereka nggak memikirkan segi artistiknya," jelas Thomas, melansir dari Majalah HAI edisi November 1997.

Asal Usul Nama

Awalnya, Thomas dan Guy-Manuel tergabung dalam band rock bernama Darlin. Band ini sempat nyumbang satu single di album kompilasi Sterolab.

Namun setelah Melody Maker mengkritik musik mereka sebagai daft punk (musik punk yang bodoh), mereka mutusin keluar dari band tapi tetap menggunakan dua kata itu sebagai nama band yang baru.

 28 tahun berselang, semua rekam jejak epik itu pun berakhir kemarin (22 Februari), dengan duo eletronik ini memutuskan buat bubar setelah lama berkarya dalam satu entitas yang unik.
Rest in peaceDaft Punk. Semoga dapat kembali di masa depan. (*)

SumberHAI Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm