Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Sajidin
Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Sajidin ( Sela Agustika)

Pemkab Bangka Tengah Targetkan Replanting Seluas 500 Hektar Lahan Sawit

25 Februari 2021 16:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah melalui Dinas Pertanian Bangka Tengah pada tahun 2021 ini menargetkan replanting seluas 500 hektar lahan kebun sawit masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Sajidin mengungkapkan, program kuota replanting yang diperoleh pada tahun ini bertambah dibandingkan tahun sebelumnya 2020.

"Tahun ini kita dapat kuota 500 hektar sedangkan tahun 2020 realisasi replanting untuk masyarakat mencapai 234 hektar," sebut Sajidin.

 

Ia mengungkapkan saat ini pihaknya sudah masuk tahapan sosialisasi sekaligus pendataan kebun sawit warga yang bakal di replanting.

Yang mana, menurut Sajidin, pihaknya memang mengutamakan perkebunan milik masyarakat yang memang sudah tidak produktif lagi.

"Sudah ada beberapa petani yang mendaftarkan ke kami dan saat ini kita masih fokus mendata di Kecamatan Koba dan Namang, dan selanjutnya baru di 4 Kecamatan lainnya di Bangka Tengah. 

Kami upayakan sebelum Bulan Ramadhan tahun 2021, Rekomendasi Teknis sesuai data yang masuk ini akan kami berikan ke Pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Bangka Belitung," kata Sajidin, Kamis (25/2/2021).

Adapun syarat untuk mengikuti program replanting kebun sawit ini, yakni memiliki batang sawit tidak produktif, perkebunan sawit merupakan kawasan Area Pengguna Lainnya (APL), dan satu orang petani memiliki kebun sawit maksimal seluas 4 hektar.

"Peserta replanting kebun sawit ini mendapatkan anggaran biaya replanting senilai Rp 30 juta/hektar. Anggaran tersebut digunakan sebagai biaya pembukaan lahan atau penebangan batang sawit non produktif, pembelian bibit hingga pembelian pupuk," jelas Sajidin.

Lebih lanjut, terkait pembelian bibit untuk kegiatan replanting, ia mengatakan pihaknya akan memberdayakan penangkaran lokal yang memiliki Izin Usaha Perkebunan (IUP). 

"Dengan adanya kegiatan replanting ini harapan kami dapat mensejahterakan petani yang ada di Bangka Tengah," kata Sajidin.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Pemkab Bangka Tengah Target Program Replanting 500 Hektar Lahan Sawit, Ini Persyaratannya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm