Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompasiana.com)

Tantangan bagi Ibu dan Ayah Selama Masa Pandemi, Seperti Apa ?

26 Februari 2021 10:36 WIB

SonoraBangka.id - Selama pandemi Covid-19, banyak dari kita mengalami perubahan hidup yang signifikan, termasuk urusan mengasuh anak.

Nah, dengan semakin banyaknya waktu di rumah, tantangan mengasuh anak kerap dikeluhkan para ibu.

Tantangan yang dialami ibu di tengah pandemi Covid-19 terungkap dalam survei "Tantangan Parenting Kala Pandemi" yang dilakukan oleh platform parenting yang menyediakan layanan produk ibu dan bayi, Orami.

Hasil survei tersebut dijelaskan oleh Prita Apresianti, Head of Content Orami.

Prita mengatakan tantangan terbesar ibu rumah tangga yaitu kesulitan memiliki " me time" atau waktu untuk melakukan sesuatu bagi diri sendiri, dengan persentase 56 persen.

"Bagi ibu yang bekerja dari rumah atau work from home, mereka kesulitan mengatur jadwal antara mengurus anak dan bekerja (40 persen)."

Demikian penuturan Prita dalam webinar "Orami Menjawab Tantangan Orangtua Indonesia Selama Pandemi" pada Kamis (25/2/2021).

Lalu, sebagian mompreneur atau ibu yang memiliki unit usaha, omzet penjualan menurun secara drastis diakui oleh 32 persen responden.

Prita menjelaskan, hal yang sama dialami para ayah, di mana ayah memiliki peran yang semakin besar di rumah.

"Survei kami menunjukkan, ayah semakin semangat mempersiapkan 'peralatan tempur' selama pandemi (55 persen)," tutur dia. "Ayah juga semakin dekat dan sering bermain dengan anak, dan mau bersih-bersih rumah."

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm