Base oil sintetik vs mineral (Foto: Tangkapan layar persentasi Pertamina Lubricants)
Base oil sintetik vs mineral (Foto: Tangkapan layar persentasi Pertamina Lubricants) ( kompas.com)

Ini Keunggulan serta Kekurangan Pelumas Sintetik dan Mineral

28 Februari 2021 19:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pelumas kendaraan alias oli punya dua jenis yaitu oli mineral dan oli sintetik. Perbedaan keduanya terletak dari bahan pembetuknya yaitu base oil.

Lalu apa keunggulan dan kekurangan masing-masing?

Brahma Putra Mahayan, Jr Technical Specialist Pertamina Lubricants, mengatakan, base oil sintetik lebih unggul ketimbang mineral.

Setidaknya ada lima keunggulan base oil sintetik, yaitu lebih tahan panas, titik tuang (pour point) lebih rendah, lebih tahan oksidasi, kekentalan lebih stabil dan viskositas indeks lebih tinggi, serta umur pakai relatif lebih lama.

"Sintetik lebih tahan oksidasi. Oksidasi saat kondisi panas olinya cepat rusak," kata Brahma saat acara Pertamina Lubricants Workshop secara daring belum lama ini.

Brahma mengatakan, selain tahan oksidasi juga tingkat kekentalan oli sintetik lebih stabil.

Kekentalan oli yang stabil cukup penting dalam spesifikasi pelumas kendaraan. Sebab mesin pada dasarnya bekerja dalam relatif tidak stabil.

"Contoh kita berangkat dari rumah, saat pagi menyalakan mesin temperaturnya dingin sehingga dianjurkan dipanasi," kata Brahma.

"Tentunya temperatur oli naik sampai titik tertentu setelah itu kendaraan berjalan, apalagi yang tipe pendingin udara bukan cairan maka kualitas pendinginannya sangat tergantung aliran udara," kata Brahma.

"Dengan temperatur naik turun, diharapkan pelumas masih bisa memberikan perlindungan yang stabil, mau panas atau dingin tetap kental," ucap Brahma.

"Karena minyak punya sifat kalau dingin mengental dan panas encer, tapi kita jaga dalam rentang aman. Jadi tetap stabil. Panas atau dingin tetap terjaga," kata Brahma.

Brahma mengatakan secara spesifikasi umur oli sintektik bisa lebih lama ketimbang mineral. Kebalikannya oli mineral umurnya lebih singkat dan harganya relatif lebih murah.

"Paling tidak dua kali atau tiga kali dari mineral. Kelemahannya harga lebih mahal, sintetik bisa 4-5 kali dari mineral," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Kelebihan serta Kekurangan Pelumas Sintetik dan Mineral", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/28/100100015/ini-kelebihan-serta-kekurangan-pelumas-sintetik-dan-mineral.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm