Ilustrasi anak gembira
Ilustrasi anak gembira ( pat138241 )

Bagaimana Membesarkan Anak agar Tumbuh Bahagia ? Berikut Tipsnya

1 Maret 2021 14:26 WIB

SonoraBangka.id -  Anak yang bahagia cenderung akan tumbuh menjadi pribadi yang positif.

Memang, anak-anak yang bahagia cenderung akan tumbuh menjadi orang dewasa yang juga lebih bahagia dan sukses.

Dibutuhkan pemenuhan nutrisi dan kasih sayang agar anak bisa tumbuh bahagia.

Psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi, mengatakan, bahagia merupakan perasaan tentram atau kestabilan emosi, bukan hanya sekadar rasa senang.

Perasaan bahagia ini tidak dibawa sejak lahir, sehingga perlu ditumbuhkan sejak dini dalam keluarga.

Kematangan emosi dan kebahagiaan anak bisa dibantu dengan mempraktikkan perilaku positif, misalnya dengan tersenyum, melontarkan humor, dan berkomunikasi dua arah dengan anak.

Menurut psikolog yang akrab disapa Lizie itu, wujud kasih sayang orangtua bisa dilakukan dengan rutin menghabiskan waktu dengan anak.

“Orangtua juga perlu terlibat, mendengar dan memperhatikan. Aktivitas bersama sangat dibutuhkan, misalnya dengan mengajaknya main bersama, berinteraksi,” kata Lizie.

Pada anak yang sudah lebih besar, bangun komunikasi dengan rutin menanyakan kabar anak setiap hari. “Coba tanyakan kabar baik apa yang ia miliki hari itu.

Mungkin akan akan bingung, nah orangtua bisa memberikan contoh hal-hal baik yang disyukuri hari itu apa aja,” tuturnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm