Beacukai Pangkalpinang dan Polda Bangka Belitung, patroli di perairan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Bangka Belitung, Selasa (2/3/2021).
Beacukai Pangkalpinang dan Polda Bangka Belitung, patroli di perairan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Bangka Belitung, Selasa (2/3/2021). ( Bangkapos.com/Yuranda)

Polairud Polda Babel dan Bea Cukai Pangkalpinang Gelar Patroli Bersama

2 Maret 2021 13:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Polda Bangka Belitung dan Bea Cukai Pangkalpinang menggelar patroli bersama di perairan Pangkalbalam, Selasa (2/3/2021) pagi.

Kegiatan patroli ini dilakukan untuk mengantisipasi penyelundupan narkoba dan ekspor-impor ilegal melalui pintu masuk pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang.

Dalam patroli tersebut, tiga kapal dikerahkan, yang terdiri dari satu kapal patroli dan dua rubber boots Bea Cukai Pangkalpinang.

 

Tim gabungan patroli menyisir sepanjang sungai hingga ke pintu masuk sungai Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang.

Kasi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Pangkalpinang, Imam Supriadi mengatakan, tujuan ini dilakukan guna pencegahan dan mengamankan hak-hak keuangan negara dan menertibkan ketertiban umum di daerah perairan tersebut.

Selain itu patroli ini bermaksud mencegah penyelundupan narkoba dan ekspor-impor ilegal melalui pintu masuk pelabuhan.

"Kami patroli melihatkan segala bentuk pelanggaran yang terjadi di perairan Pangkalbalam ini, itu sasaran kami. Targetnya itu pengawasan terkait kapal keluar masuk, seperti ekspor impor dan penyelundupan narkoba, atau lainya," kata Imam, Selasa (2/3/2021) pagi.

Kedepannya, kegiatan seperti ini akan terus dilakukan oleh pihaknya, dengan cara bersinergi dengan instansi lain yang bertugas di perairan.

Sementara itu, Kasatrol Dit Polairud Polda Babel, AKBP Andreas Purwanto menyebutkan dengan adanyan patroli bersama, dengan harapan bisa mencegah tindakan ilegal di perairan ini dan juga saling memberikan informasi tentang aktivitas di laut.

"Kalau untuk strategi khusus kami hanya menjalankan tugas dan fungsi kami masing-masing. Kalau di Polairud Babel tupoksinya dengan melakukan Preventif, Preentif, dan penegakan hukum," ujarnya.

Hal itu juga dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir tindakan kejahatan. Tentunya dengan adanya patroli seperti ini, bisa membuat dampak baik para nelayan.

"Kegiatan ini tentunya bisa menimalisir tindak kejahatannya, di perairan Bangka Belitung khususnya Pangkalpinang," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Cari Penyelundup di Perairan Pangkalbalam, Bea Cukai dan Polairud Polda Babel Patroli Susur Sungai

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm