Ilustrasi
Ilustrasi ( Thinkstockphotos)

4 Cara Mengatasi Sakit Leher Akibat Dari Salah Posisi Tidur

2 Maret 2021 18:45 WIB


SonoraBangka.Id - Sakit leher akibat salah posisi tidur bisa mengganggu aktivitas sepanjang hari. Selain menimbulkan rasa nyeri saat menoleh atau bergerak, sakit leher juga bisa membuat suasana hati jadi buruk.

Kebanyakan penyebab sakit leher memang berasal dari salah posisi tidur atau penggunaan bantal yang tidak tepat.

Tapi tak hanya itu, bangun tidur sakit leher juga bisa disebabkan postur tubuh yang buruk sepanjang hari, cedera, dan gerakan tiba-tiba yang bikin otot kaget.

Agar rasa nyaman tidak terus-terusan mengganggu aktivitas sehari-hari, coba empat cara mengatasi sakit leher akibat salah tidur berikut:

1. Kompres dingin atau terapi panas

Kompres dingin atau panas bisa menjadi salah satu obat sakit leher alami yang bisa dijajal. Cara menghilangkan sakit leher dengan kompres dingin bisa dengan menempelkan es batu yang dibungkus handuk ke bagian leher yang sakit.

Rasa sakit dan ketegangan di leher bisa berkurang setelah dipapari suhu dingin selama 10-20 menit.

Selain suhu dingin, terapi panas dengan mandi air hangat atau menggunakan bantal pemanas juga bisa membantu mengurangi sakit leher.

Terapi panas dapat mengatasi sakit leher akibat salah tidur dengan mengendurkan otot-otot leher yang tegang.

2. Minum obat pereda rasa sakit

Apabila sakit leher terasa tak tertahankan sampai membatasi gerakan tubuh, saatnya minum obat pereda rasa sakit. Beberapa opsi obat penghilang rasa sakit antara lain ibuprofen, naproxen, atau acetaminophen.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm