Ilustras
Ilustras ( Kompas.com)

6 Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Untuk Hindari DBD

2 Maret 2021 20:03 WIB


SonoraBangka.Id - Salah satu penyakit yang mesti diwaspadai saat memasuki musim hujan adalah demam berdarah dengue ( DBD).

Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Penyebab DBD tidak lain adalah virus dengue yang masuk ke dalam tubuh melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti betina.

Namun, tidak semua orang yang terserang virus ini akan mengalami infeksi. Hal ini berkaitan dengan daya tahan tubuh.

Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh kuat cenderung mampu mempertahankan diri dari serangan virus dengue.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit mematikan ini.

Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh:

1. Konsumsi sayuran

Konsumsi sayuran hijau diyakini dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Menurut sebuah eksperimen yang dilakukan pada tikus, makan sayuran criciferous, seperti brokoli, kembang kol, dan kol dapat membantu mengirimkan sinyal kimia ke tubuh yang meningkatkan protein pada permukaaan sel yang diperlukan untuk membuat kerja sistem kekebalan tubuh optimal.

Tikus sehat yang tidak makan sayuran hijau diketahui mengalami penurunan protein permukaan sel 70-80 persen.

Namun, ada pilihan juga untuk mengonsumsi sayuran berwarna oranye yang mengandung vitamin A. Vitamin A diketahui bermanfaat untuk menguatkan fungsi penglihatan.

Selain itu, vitamin ini dapat juga menjaga kesehatan kulit, gusi, gigi, dan yang terpenting adalah meningkatkan sistem imunitas untuk melawan virus. Sayuran dengan vitamin A antara lain ubi manis, labu, belewah, dan aprikot kering.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm