( Ist / Diskominfo Babel)

Melati Erzaldi : Perempuan Pahlawan Ekonomi Keluarga

3 Maret 2021 09:29 WIB

SonoraBangka.id - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel)Melati Erzaldi
Mengatakan menjadi perempuan tidak selalu bergantung sepenuhnya secara ekonomi pada laki-laki. Kini, perempuan bisa menjadi penopang ekonomi keluarga. Di tengah-tengah kesibukan mengurus anak dan suami, perempuan mampu menggunakan talenta yang dimilikinya untuk membuat berbagai produk Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM).

"Saya ingin perempuan punya wadah untuk mengaktualisasikan dirinya. Sekolah perempuan ini kita buat, agar perempuan bisa mandiri dan terlatih. Supaya bisa memberdayakan dirinya menopang ekonomi keluarga," ungkapnya.(02/03/21).

Dengan kreatifitas dan inovasi, Melati mengatakan kaum perempuan sudah terbukti mampu menjadi motor penggerak ekonomi melalui pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Pendukung ekonomi di negara kita hampir 67 persennya digerakkan oleh UMKM dan hebatnya mereka didominasi oleh kaum perempuan, " ujarnya.

Nurlaila (42) selaku Ketua Kelompok Kerajinan Lidi mengatakan bahwa mereka sudah mendapatkan manfaat ekonomi dari sekolah yang diikutinya.

"Kami sudah bisa mendapatkan uang dari hasil jual piring ayaman. Ini kegiatan saat kami punya waktu luang setelah mengurus keluarga. Kami jual ecer Rp5.000 dan saat ini memang masih hanya dijual untuk kebutuhan di desa ini saja. Target kami piring bisa di pasarkan ke luar desa kami," ujarnya.

Nawi, Kepala Desa Jelutung II mengungkapkan keberadaan Sekolah Perempuan Sekuntum Melati membawa manfaat bagi perbaikan ekonomi keluarga di desanya.Pasalnya Desa Jelutung II, memiliki ikan gabus sebagai komoditas daerahnya

"Di sini banyak ikan gabus, jadi itulah yang kami manfaatkan. Di sekolah perempuan ini mereka banyak dilatih untuk membuat produk-produk UMKM. Mereka jadi lebih mandiri. Karenanya kami ingin kegiatan ini terus berkelanjutan," ungkapnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm