Ilustrasi
Ilustrasi ( Thinkstock )

Anda Harus Tahu 5 Organ Tubuh yang Bisa Rusak Kerena Diabetes

4 Maret 2021 15:45 WIB


SonoraBangka.Id - Salah satu penyakit yang ditakuti dan dapat menyebabkan kematian adalah diabetes. Diebetes memengaruhi cara tubuh mencerna dan menggunakan gula darah kita.

Sebenarnya, gula darah atau glukosa sangat penting untuk kesehatan karena menjadi sumber energi untuk sel yang membentuk otot dan jaringan tubuh.

Glukosa juga menjadi bahan bakar utama otak kita. Namun, tubuh penderita diabetes tidak bisa menggunakan gula darah dengan tepat. 

Glukosa dalam tubuh dikendalikan oleh insulin, yang diproduksi oleh pankreas. Produksi insulin yang tidak mencukupi dapat menyebabkan gula darah tinggi dan memicu diabetes. Hal ini akan berpengaruh pada seluruh organ tubuh kita.

Berikut organ tubuh yang bisa rusak karena diabetes:

1. Kulit

Masalah kulit pada pasien diabetes disebabkan oleh pembuluh darah yang rusak. Pasalnya, pembuluh darah yang rusak dapat menyebabkan pigmentasi kulit atau munculnya bercak hitam pada kulit. Selain itu, bercak hitam di tangan dan kaki biasanya merupakan gejala pertama diabetes.

2. Jantung

Penderita diabetes berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Gula darah tinggi dapat memengaruhi kesehatan jantung dengan berbagai cara, termasuk memicu serangan jantung. Di sisi lain, penderita diabetes juga rentan mengalami penyakit jantung atau stroke.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm