Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock )

Perubahan Cuaca Sering Sebabkan Sesak Napas, Begini Solusinya

5 Maret 2021 09:49 WIB


SonoraBangka.Id - Kualitas udara yang buruk dan perubahan cuacayang ekstrim seringkali membuat kita susah bernapas.

Kondisi ini tentu sangat berbahaya bagi orang yang memiliki kondisi paru-paru obstruktif kronis (PPOK), seperti asma atau penyakitparu obstruktif kronis.

Menurut dokter spesialis paru Sumita Khatri, penderita penyakit paru-paru memiliki keadaan dan pemicu tersendiri yang bisa memperburuk gejala mereka.

Beberapa pasien juga bisa kesulitas bernapas ketika ada perubahan suhu dan tekanan barometrik yang cepat, yang bisa membuat mereka sulit untuk menyesuaikan diri.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mempermudah pernapasan, berikut hal yang perlu dilakukan:

1. Beradaptasi dengan cuaca

Meski Anda tidak bisa mengubah cuaca, Anda bisa mengambil langkah untuk beradaptasi. Misalnya, saat berada di ruangan dingin Anda bisa berpakaian hangat dan tutupi hidung dan mulut Anda. Cara tersebut membantu menghangatkan dan melembabkan udara saat Anda menarik napas.

2. Hindari faktor pemicu yang bisa dikendalikan

Selain perubahan suhu, ada pemicu lingkungan lain yang bisa membuat Anda lebih sulit bernapas. Anda bisa menghindari faktor pemcu gejala dengan menjauhi asap rokok dan potensi iritasi lainnya, seperti asap, produk aerosol, insektisida, jamur, dan debu.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm