Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

Mengapa Makanan Pedas Bisa Sebabkan Diare?

6 Maret 2021 13:10 WIB

SonoraBangka.Id - Makanan pedas adalah salah satu suguhan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia.

Beberapa orang bahkan mungkin merasa kurang nafsu makan apabila belum menambahkan makanan dengan sambal atau saus.

Namun sayang, makanan pedas juga kerap menyebabkan sebagian orang harus lari ke kamar mandi karena diare beberapa jam kemudian.

Memahami mengapa makanan pedas dapat menyebabkan diare kiranya bisa membantu mencegah situasi yang tidak menguntungkan ini.

Ini alasan makanan pedas bisa sebabkan diare

Terkadang orang mengira bahwa diare mungkin pertanda atau gejala bahwa ada yang tidak beres pada saluran pencernaannya.

Tapi, reaksi tubuh terhadap makanan pedas benar-benar normal dan ini hanyalah tanda bahwa tubuh sedang bekerja keras melindungi Anda dari bahaya yang dirasakan.

Makanan yang dibuat dengan bumbu pedas seperti cabai mengandung bahan kuat yang disebut capsaicin, yang dapat mengiritasi tubuh.

Hal ini menjelaskan mengapa, ketika kulit Anda bersentuhan dengan cabai, dapat menyebabkan rasa terbakar.

Begitu juga saat Anda menyantap makanan pedas, menindaklanjutinya dengan minum air dingin bisa membantu meredakan perasaan bahwa Anda baru saja menelan “bola api”.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm