Pongky Barata blak-blakan soal lagu Maaf yang diciptakan lantaran iri dengan Eross Candra
Pongky Barata blak-blakan soal lagu Maaf yang diciptakan lantaran iri dengan Eross Candra ( (YouTube Pongki Barata))

Pongki Barata Ungkapkan Alasan Kuat Keluar dari Jikustik

6 Maret 2021 15:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Pada masanya, musisi Pongki Barata sangat dikenal masyarakat sebagai vokalis band Jikustik dengan lagu-lagunya yang selalu laris di pasaran.

Akan tetapi, pada 2009, gitaris 43 tahun ini memutuskan beristirahat dari band yang membesarkan namanya tersebut.

Disusul setelahnya, ia memutuskan keluar pada 2011. Saat menjadi bintang tamu Rian D'MASIV, Pongki mengungkapkan beberapa hal yang menguatkan alasannya hengkang.
"Sebelumnya, gue berpikir perbedaan visi dan misi itu klise.

Tapi ternyata di tahun 2009, itu terjadi di gue. Apa yang gue pikirkan ternyata cuma itu, enggak ada yang lain," ujar Pongki dikutip lewat kanal YouTube Rian Ekky Pradipta, Jumat (4/3/2021).

Selain perbedaan visi-misi, suami Sophie Navita ini mengungkap persoalan manajerial yang membuatnya tidak setuju. "Tidak setuju bukan berarti gue benar. Misalnya, kenapa kami terima endorsment tapi angkanya enggak signifikan," tambah Pongki.

Saat itu, pencipta lagu "Seribu Tahun Lamanya" ini juga kesulitan membagi waktu, lantaran terpisah jarak dengan rekan Jikustik lainnya.


"Kedua masalah waktu, ketika gue tinggal di Jakarta, banyak waktu tidak gue invest buat Jikustik saja. Karena rekan lain ada di Jogja," ucap Pongki. "Contoh, gue bisa duet sama istri, bisa kerjaan yang lain pokoknya.

Waktu gue enggak 100% lagi buat Jikustik," lanjut Pongki . Setelah hengkang dari Jikustik, Pongki diketahui membentuk The Dance Company yang meledak lewat lagu "Papa Rock n Roll".

Sampai saat ini, sudah ada total 11 album yang dihasilkan selama Pongki menjadi musisi.
Di antaranya, sebanyak tujuh album bersama Jikustik, dua album bersama The Dance Company dan ada dua album solo.

Dalam album solo yang kedua, Pongki Barata mengajak kolaborasi sejumlah musisi lain, seperti Blink, KotaK, hingga Tulus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pongki Barata Beberkan Alasan Kuat Hengkang dari Jikustik", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/03/05/203622266/pongki-barata-beberkan-alasan-kuat-hengkang-dari-jikustik.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm